Bantah Tudingan Pelecehan Seksual, Syafri Harto Akan Tuntut Balik Rp10 M

Jumat, 05 November 2021 18:47
Bantah Tudingan Pelecehan Seksual, Syafri Harto Akan Tuntut Balik Rp10 M
Dekan Fisipol Universitas Riau (Unri) Syafri Harto.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dekan Fisipol Universitas Riau (Unri) Syafri Harto membantah tuduhan kepadanya terkait dugaan pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi bimbingannya.

Dalam klarifikasinya, dia bersumpah tidak melakukan perbuatan seperti yang dituduhkan kepadanya, sebagaimana pengakuan pelecehan seksual seperti yang telah beredar di sosial media.

“fitnah keji, apa yang telah dituduhkan oleh mahasiswi saya itu benar-benar telah merusak nama baik saya. Demi Allah saya tidak melakukan itu (pelecehan seksual),” jelas Syafri Harto. 

Dalam klarifikasinya, Syafri Harto juga menceritakan kronologis awal untuk meluruskan kronologis seperti yang disebutkan magasiswi dalam videonya.

Baca: Pasukan Islam Mendarat di Gibraltar, Awal Peradaban Islam di Spanyol

Dia mengaku syok dengan beredarnya kabar tersebut sebab dia mengakui tidak pernah melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap mahasiswi bimbingannya itu.

“Tentu syok saya, saat mendengar informasi saya dituduh melakukan tindakan pelecehan seksual,” tuturnya.

Kata Syafri, dia memang ada menegang bahu seorang mahasiswi yang bimbingan ke dia atas nama Manda. Memegang bahu, maksud Syafri Harto tidak lain untuk memberikan semangat kepada mahasiswinya itu. “Semangat, semangat,” ujarnya. “Apakah itu (yang dimaksud mahasiswi ini sebagai tindakan pelecehan seksual).

Dia menambahkan upaya penyelesaian secara baik-baik sudah dilakukan dengan mengajak pihak keluarga mahasiswi tersebut untuk membicarakan masalah itu. “Tapi sampai sekarang tak datang,” tambahnya.

Syafri Harto juga menjelaskan bahwa mahasiswinya itu sempat meminta kepada pihak Jurusan Hubungan Internasional agar mengganti dosen pembimbing, lantaran trauma atas tindakan pelecehan seksual tersebut. “Saat itu saya bilang kepada sekretaris jurusannya, tolong jumpakan saya dengan Manda dulu, dan jangan diganti dulu dosen pembimbingnya,” terangnya.

Dia juga mengaku syok saat mengetahui video pengakuan mahasiswi tersebut. Syafri menekankan bahwa video yang beredar itu tidaklah pernah dikonfirmasi kepadanya sebelumnya video itu tayangkan di sosil media. Baik dari pihak civitas akademika Unri atau pun dari admin sosial media bersangkutan.

“Tentu saya syok. Karena saya menganggap sudah selesai masalahnya. Video itu sebuah tamparan bagi saya bahwa seakan-akan memang saya yang bersalah. Karena nama saya disebut-sebut terus,” tuturnya.

Atas dasar itu, Syafri Harto menyebut akan melakukan beberapa tindakan. “Karena nama saya sudah tercemar, maka secara hukum saya akan menuntut balik. Ke mana pun saya akan tuntut balik,” sebutnya.

Selain itu, dia juga akan mencari aktor intelektual di balik kasus ini. Sebab masalah ini juga dikait-kaitkan dengan pemilihan Rektor Unri. “Itu masih jauh. Bulan Juni-Juli mendatang. Apa kaitannya dengan saya yang ingin mencalonkan menjadi rektor. Maka saya akan cari sampai ke lubang semut, aktor intelektualnya,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia juga akan menuntut balik kepada mahasiswa bersangkutan dengan denda Rp10 miliar. “Tidak peduli saya. Karena saya merasa tidak berbuat seperti itu. Sejak awal saya sudah bilang kepada pihak keluarganya untuk jumpa dengan saya. Saya bersedia sumpah Quran kalau saya tidak melakukan perbuatan itu,” sebutnya. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 01 Desember 2021 18:16

bank bjb Sabet Predikat Top 20 Financial Institution 2021

Kinerja positif PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) kembali meraih apresiasi.

Rabu, 01 Desember 2021 17:41

Syamsuar Kesal ke Kepala OPD: Jujur Tahun Ini Paling Parah

Gubernur Riau Syamsuar meluapkan kekesalannya saat memberikan pengarahan usai lantik 32 pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau. 

Rabu, 01 Desember 2021 17:01

Hemat Berbelanja Online dengan Kode Promo Eksklusif dari Saleduck Indonesia

Kehadiran platform belanja online yang kian menjamur

Rabu, 01 Desember 2021 16:52

Syahrial Abdi Kepala Bapenda Riau, Ini Daftar Lengkap Nama Pejabat Baru di Pemprov Riau

Sebanyak 32 pejabat Tinggi Pratama atau pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau dilakukan pelantikan untuk posisi jabatan baru. 

Rabu, 01 Desember 2021 16:31

Bukan Bunuh Diri, Korban Meninggal di Fly Over Arengka Diduga Laka Lantas

Kapolsek Tampan, I Komang Aswatama menyebutkan korban meninggal di fly over Arengka bukanlah bunuh diri.

Rabu, 01 Desember 2021 14:28

Seorang Warga Bunuh Diri dengan Melompat di Fly Over Arengka Pekanbaru

Sebuah video menunjukkan seorang warga bunuh diri dengan cara melompat dari fly over Arengka, Pekanbaru, Rabu 1 Desember 2021.

Rabu, 01 Desember 2021 14:01

Moeldoko Takut Data Palsu Dipakai Parpol untuk Pilpres 2024

Jangan sampai orang-orang yang tidak mewakili rakyat yang jadi pemimpin

Rabu, 01 Desember 2021 13:41

Syamsuar Pastikan Pejabat Non Job Karena Kerjanya Nggak Bagus

Lambatnya kinerja kepala OPD salah satu indikator penilaian evaluasi.

Rabu, 01 Desember 2021 13:20

Kadispora Riau Tak Berani Beberkan Besaran Anggaran Renovasi Stadion Kaharuddin Nasution

Rencana renovasi akan menggunakan pos anggaran tahun 2022

Rabu, 01 Desember 2021 13:05

Promo Rebranding dari Hotel Khas Pekanbaru, Dapatkan Harga Spesial

Sebagai promo rebranding, hotel Khas Pekanbaru memberikan promo spesial untuk pelanggan.