Covid-19, Jokowi Minta Para Gubernur Segera Bersikap

Rabu, 06 Januari 2021 14:30
Covid-19, Jokowi Minta Para Gubernur Segera Bersikap
Presiden RI Joko Widodo.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Presiden Joko Widodo [Jokowi] mendesak kepada para gubernur agar segera mengambil sikap, terkait mulai melemahnya penerapan protokol kesehatan masyarakat. Menurut Jokowi, semakin kesini, motivasi masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan semakin berkurang.  

“Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan itu [masyarakat] sudah mulai berkurang,” kata Jokowi dalam Ratas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi yang disiarkan virtual, Rabu 6 Januari 2021.

Advertisement

Atas dasar ini, Jokowi meminta kepada para gubernur untuk bergerak lebih cepat dalam upaya kembali menertibkan masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan. “Maka dari itu saya minta para gubernur menggencarkan kembali masalah yang berkaitan kedisiplinan protokol kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan berbagai negara yang telah bekerja keras dalam menghentikan dan mengendalikan. “Kita tahu 2-3 hari lalu, Bangkok lockdown, Tokyo dinyatakan dalam keadaan darurat. London juga di lockdown dan seluruh Inggris juga lockdown karena penyebaran covid yang eksponensial,” tuturnya.

Baca: Fadli Zon: Saya Riset PKI 1948, Interview Para Korban

Jokowi kemudian mengungkapkan hasil survei yang dilakukan pemerintah, yang menggambarkan bahwa saat ini motivasi disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan masyarakat berkurang. “Disiplin protokol kesehatan, sepertinya memang disiplin terhadap protokol kesehatan ini menurun,” tuturnya.

Gubernur Riau Syamsuar, sebelumnya telah menekankan bahwa penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat masih menjadi prioritas utama. Penekanan ini terutama disampaikan Syamsuar, ketika dirinya baru sembuh dari Covid-19. “Masyarakat harus sadar bahwa corona itu benar ada,” katanya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB] Doni Monardo, juga telah meminta kepada daerah agar kembali mengaktifkan posko terpadu penanganan Covid-19. Penyebaran wabah corona hingga saat ini belum mereda, ditambah lagi dengan adanya penyebaran virus corona baru yang membuat banyak negara di dunia mewaspadainya. (bpc2)

Berita Terkini

Senin, 18 Januari 2021 09:34

Tarif Elpiji 3 Kg 2021 Sudah Diputuskan

#HargaGas #HargaElpiji #bisnis

Senin, 18 Januari 2021 08:26

Puluhan Sekolah Rusak Akibat Gempa di Sulbar

#GEMPA

Senin, 18 Januari 2021 07:30

Membantah Mitos-mitos Soal Investasi Saham

#saham #investasi #MitosFakta

Senin, 18 Januari 2021 06:34

Shalat Istikharah-lah, Manusia Itu Tempat Segala Keraguan

#istikharah #shalat #islampedia

Senin, 18 Januari 2021 05:00

Catatan Sejarah 18 Januari: Gencatan Senjata Hamas-Israel

#PALESTINA

Minggu, 17 Januari 2021 18:30

Menelaah Potensi Saham Otomotif 2021

#saham #otomotif

Minggu, 17 Januari 2021 16:34

Begini Kondisi Indeks Pembangunan Manusia Riau di Tahun Pandemi

#IPM #ruau #covid