Soal Unboxing Motor Ducati, Ini Pembelaan Bea Cukai

Jumat, 12 November 2021 17:35
Soal Unboxing Motor Ducati, Ini Pembelaan Bea Cukai

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Soal kemarahan pihak Ducati terkait unboxing motor sport mereka yang akan melakukan pertandingan WSBK Mandalika 2021 membiuat pihak Bea Cukai Mataram angkat bicara.

Pihak Bea Cukai Mataram menjelaskan memang tidak dibuka saat kotak tersebut tiba di bandara tapi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Insiden unboxing kargo motor Ducati yang diduga dilakukan secara ilegal menjadi topik panas menjelang digelarnya balapan seri terakhir WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, setelah beredar di sosial media motorsport Swiss, Speedweek, memberitakan bocornya video dan foto-foto dari seseorang yang diduga panitia lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA) saat membuka boks kargo Ducati.

Menanggapi persoalan tersebut, pihak Bea dan Cukai pun memberikan klarifikasinya. Pihak Bea dan Cukai Mataram menegaskan bahwa pembukaan boks kargo yang berisi motor Ducati itu telah dilakukan menurut Undang-Undang dan dengan kehadiran personel Bea dan Cukai di lokasi.

Baca: Kelahiran 2003, 2004, dan 2005 Berpeluang Ikut Piala Dunia U-20 2023

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea dan Cukai Mataram, Dimas Pratama, juga menyampaikan alasan pihak Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan fisik terhadap motor di luar pelabuhan/bandar udara seperti lazimnya.

Menurutnya, pemeriksaan di luar bandara, dalam hal ini di Sirkuit Mandalika, bisa dilakukan atas permohonan importir dengan persetujuan pihak Bea dan Cukai.

“Pemeriksaan fisik bisa dilakukan di luar bandara atas permohonan dari pihak importir dengan alasan, antara lain, tempat penimbunan di bandara kurang luas dan keamanan barang,” kata dia seperti dikutip dari kompas.com, Jumat, 12 November 2021. “Penimbunan di luar kawasan pabean dan pemeriksaan fisiknya itu atas permintaan dari importir.”

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea dan Cukai Mataram, Dimas Pratama, juga menyampaikan alasan pihak Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan fisik terhadap motor di luar pelabuhan/bandar udara seperti lazimnya.

Menurutnya, pemeriksaan di luar bandara, dalam hal ini di Sirkuit Mandalika, bisa dilakukan atas permohonan importir dengan persetujuan pihak Bea dan Cukai.

“Pemeriksaan fisik bisa dilakukan di luar bandara atas permohonan dari pihak importir dengan alasan, antara lain, tempat penimbunan di bandara kurang luas dan keamanan barang,” kata dia. “Penimbunan di luar kawasan pabean dan pemeriksaan fisiknya itu atas permintaan dari importir.”

Berikut beberapa poin yang disampaikan langsung oleh pihak Humas Bea dan Cukai Mataram kepada Kompas.com:

  1. Pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan.
  2. Dalam melakukan pemeriksaan fisik barang impor dan ekspor, pejabat Bea dan Cukai selalu didampingi/disaksikan oleh importir atau kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.
  3. Importir atau kuasanya menyiapkan barang untuk diperiksa, mengeluarkan kemasan di bawah pengawasan pejabat Bea dan Cukai, dan membuka kemasan yang akan diperiksa.

Tidak Menyalahi Regulasi

Senada dengan pihak Bea dan Cukai Mataram, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pun menyatakan bahwa pembongkaran boks kargo motor Ducati, sudah dilakukan sesuai regulasi.

Dalam siaran persnya, MGPA menjelaskan, kargo logistik tim WSBK sudah mulai tiba di Mandalika melalui Bandara Internasional Lombok sejak Senin 8 November 2021. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 09:55

Debut Gol Cantik Egy di Liga Slovakia

Pemain Indonesia Egy Maulana Vikri berhasil membuat gol debutnya untuk FK Senica, Junat 26 November 2021.

Sabtu, 27 November 2021 09:35

Bimbingan Akademik di Luar Kampus, Ini Kata Unri

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau (Unri), Sujianto mengatakan pihaknya akan kesulitan mengontrol jika ada kejadian bimbingan akademik anatara dosen dan mahasiswa dilakukan di luar kampus.

Sabtu, 27 November 2021 08:43

Muncul Varian Botswana, Indonesia Tutup Penerbangan dari Afrika

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi masuknya Covid-19 B.1.1529 atau varian Botswana ke Indonesia.

Sabtu, 27 November 2021 06:29

Rangnick ke MU, Klopp: Bukan Kabar Baik Bagi Tim Lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kedatangan Ralf Rangnick ke Manchester United (MU) bukanlah kabar baik bagi tim-tim Inggris yang lain.

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.