Sektor Pariwisata Riau Masih Andalkan Domestik

Senin, 22 November 2021 12:14
Sektor Pariwisata Riau Masih Andalkan Domestik

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau menyatakan bahwa sektor pariwisata di Riau masih mengandalkan wisatawan domestik, mengingat pintu penerbangan internasional masih belum dibuka akibat Covid-19.

Gubernur Riau Syamsuar meminta kepada kabupaten/kota agar memaksimalkan situasi saat ini untuk mengangkat berbagai potensi wisata di daerah. Mengingat pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup efektif untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Makanya sekarang kita masih berharap banyak pada wisatawan domestik. Meski pintu penerbangan internasional belum dibuka, untuk perjalanan domestik sudah longgar,” tuturnya.

Meski demikian, kata Syamsuar, Pemprov Riau optimis jumlah wisatawan yang berkunjung ke Riau akan meningkat. Hal ini, salah satunya ditunjang oleh faktor hadirnya destinasi wisata baru dan desa wisata di daerah.

Baca: Garuda Kini Masuk Jajaran Maskapai Bintang Lima

Syamsuar berkata, hal terpenting yang perlu diperhatikan agar destinasi wisata tetap aman saat dibuka untuk umum, yakni ketersediaan fasilitas penunjang protokol kesehatan, seperti tersedianya tempat cuci tangan, mewajibkan pengunjung memakai masker, dan menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Roni Rahmat mengungkapkan, hadirnya desa wisata merupakan salah satu daya tarik bagi daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah masing-masing. 

“Oleh sebab itu, kita sejak awal-awal dulu sudah mendorong kepada daerah agar lebih gencar melakukan promosi wisata di daerahnya,” tuturnya, Senin, 22 November 2021.

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh daerah, memaksimalkan pasar sosial media untuk ajang promosi. Terutama untuk destinasi-destinasi wisata baru yang belum banyak diketahui wisatawan.

Dia juga mendorong agar kabupaten/kota melakukan sinergi masif dengan penggiat kepariwisataan dan industri kreatif agar target-target yang sebelumnya telah disusun bisa tercapai. 

“Terkait penerapan protokol kesehatan tentu saja masih berlaku sampai sekarang. Itu menjadi kunci agar destinasi wisata kita di daerah-daerah itu tetap bisa dibuka. Saya rasa para pengelola destinasi wisata sudah sangat mengerti tentang itu (disiplin protokol kesehatan),” sebutnya. (bpc2/melba)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu