Firli Pensiun Hari Ini, Novel Baswedan: Semoga Tak Lagi Berbuat yang Melanggar Kode Etik

Senin, 08 November 2021 11:36
Firli Pensiun Hari Ini, Novel Baswedan: Semoga Tak Lagi Berbuat yang Melanggar Kode Etik

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ketua KPK Firli Bahuri telah memasuki masa pensiunnya dari institusi Polri pada hari ini, Senin, 8 November 2021. Mantan penyidik KPK Novel Baswedan menyampaikan harapannya untuk pimpinan lembaga anti rasuah itu.

Harapan tersebut disampaikan Novel Baswedan melalui akun twitternya. Dia berharap semoga setelah pensiun, Firli tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar kode etik.

“Semoga setelah pensiun tdk lagi berbuat yg melanggar kode etik, berbuat sewenang2 atau melanggar hukum,” ucap Novel dalam cuitannya di twitter pribadinya @nazaqistsha pada sekitar pukul 09.29 WIB, Senin, 8 November 2021.

Kata Novel, masa pensiun harus dihabiskan untuk mengisi sisa umur dengan berbuat kebaikan dan membawa manfaat.

Baca: Hati-Hati Memilih Guru Agama, Jangan Ustadz Artis

Seperti diketahui, Novel Baswedan merupakan salah satu penyidik KPK yang dinonaktifkan dan dipecat dari lembaga tersebut di masa kepemimpinan Firli Bahuri, bersama puluhan pegawai lain tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Total ada 57 pegawai yang diberhentikan di era kepemimpinan Firli. Mereka kini mendapat opsi lain untuk menjadi ASN di Korps Bhayangkara. Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai mekanisme ataupun prosedur pengangkatan mantan pegawai KPK itu ke Polri.

Mengutip CNNIndonesia.com, Firli akan memasuki usia 58 tahun pada 8 November 2021. Ia merupakan perwira tinggi (Pati) Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) alias bintang tiga.

Sebelum menjadi pucuk pimpinan KPK, dia mengemban sejumlah jabatan tinggi di Korps Bhayangkara. Posisi terakhir yang dia jabat ialah Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Firli juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Banten, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Kemudian ia dipindahkan ke KPK sebagai Deputi Penindakan dan kembali ke Polri sebagai Kapolda Sumsel. Firli mulai menjabat di KPK pada 20 Desember 2019. Ia menggantikan pendahulunya, Agus Rahardjo di lembaga antirasuah tersebut. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu