KPK ‘Tekan’ Daerah Agar Permudah Beri Izin Usaha

Selasa, 31 Agustus 2021 16:05
KPK ‘Tekan’ Daerah Agar Permudah Beri Izin Usaha

BERTUAHPOS.COM — Ketua KPK Firli Bahuri meminta agar daerah mempermudah mengeluarkan izin usaha dalam rangka mempercepat realisasi target investasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini diungkapkan Firli dalam pesan webinar di kanal Youtube KPK RI, Selasa, 31 Agutsus 2021. Dia menuturkan kemudahan investasi dan izin usaha di daerah penting guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka pengangguran.

“Kami titip ada pesan dari khusus dari Bapak Presiden, supaya kepala daerah memberikan kemudahan investasi dan perizinan usaha,” kata Firli.

Dia menambahkan, setidaknya ada 5 peran kepala daerah. Pertama, kepala daerah berperan untuk mewujudkan tujuan negara. Kedua, menjaga stabilitas politik dan keamanan. 

Baca: Tiket Pesawat Mahal, Asosiasi Logistik Naikan Ongkos Kirim

Ketiga, kepala daerah berperan penting untuk menjaga keselamatan jiwa masyarakat. Keempat meningkatkan ekonomi masyarakat, dan terakhir menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional.

“Karena sesungguhnya masyarakat adalah hukum tertinggi salus populi suprema lex esto musim pandemi sekarang, tentulah kepala daerah memiliki tanggung jawab untuk penyelamatan jiwa manusia,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Firli mengungkap 10 daerah dengan nilai sistem monitoring pencegahan korupsi tertinggi atau disebut monitoring center for prevention (MCP).

Dia merinci 10 daerah tersebut yakni Sulawesi Utara, Bali, Jawa Tengah, Daerah Khusus Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumatera Utara, Jawa Barat, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Banten. (bpc2)