Satgas Karhutla Terhalang Asap Tebal

Selasa, 04 Maret 2014 17:08
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Satuan Petugas (Satgas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat rencananya diberangkatkan untuk melakukan pemadaman api karhutla pada Selasa (04/02/2014). Namun upaya ini belum berhasil karena terhalang kabut asap yang tebal.
 
Dari data  BMKG yang diterima BNPB melaporkan terjadi hujan dg intensitas ringan di Mandau, Kuansing, Pelalawan, Rohul dan sebagian Siak. Angin bertiup cukup kencang 7 knots dari arah utara ke Pekanbaru. Hal ini menyebabkan kondisi kabut asap di Pekanbaru makin tebal. Visibility hanya 200 m pada pukul 19.00 WIB.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho,
menjelaskan survey titik api dilakukan pagi hari tadi menggunakan heli SAR dan pesawat tempur Hawk 200 yang mampu terbang tinggi. Mereka dapat menemukan 16 titik api di daerah selatan Riau. 
 
“Heli sikorsky sudah datang di Pekanbaru jam 17.00 WIB kemarin, sehingga sekarang sudah ad 6 heli pembom air, 2 Bolco, 1 SAR, 1 Sikorsky, 2 Sinar Mas,” ungkapnya.

Sementara itu, Satgas darat satuan teritorial berhasil menemukan tambahan titik api. Total titik api yg dipadamkan adalah 27 titik api, dan masih ada 42 titik api. Pesawat Manggala Agni berhasil memadamkan 22 hektar di cagar biosfir GSK, suaka margasatwa Kerumutan, Bukit Lengkung dan Dumai. (syawal)