Siap-siap, Menkes Sebut Kita Akan Hadapi Gelombang Ketiga Omicron

Senin, 10 Januari 2022 17:29
Siap-siap, Menkes Sebut Kita Akan Hadapi Gelombang Ketiga Omicron
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemeritah meminta masyarakat tak panik menghadapi potensi gelombang ketiga kasus varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, saat ini setidaknya sudah terdapat 414 kasus Omicron di Indonesia, dan puluhan di antaranya merupakan kasus transmisi lokal di masyarakat.

Budi mengklaim pemerintah telah menyiapkan sejumlah upaya guna menghadapi gelombang Omicron di Indonesia. Kesiapan itu mulai dari fasilitas kesehatan (faskes), alat kesehatan (askes), obat, dan juga tenaga kesehatan.

“Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini, tidak usah panik, kita sudah menyiapkan diri dengan baik,” tuturnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 10 Januari 2021.

Baca: Dokter Faheem Younus: Covid-19 Tak Peduli Keyakinan Kita

Budi juga mengamini bahwa transmisi kasus varian Omicron akan jauh lebih tinggi dari pada varian Delta yang sempat memicu gelombang kedua Covid-19 di Indonesia pada sekitar Juli 2021 lalu.

Meski begitu, Indonesia menurutnya sudah memiliki salah satu amunisi yaitu dengan imunitas yang tercipta di masyarakat melalui antibodi pasca infeksi maupun program vaksinasi Covid-19.

36 Warga Positif Covid-19, Lurah Krukut Klaim Vaksinasi 83 Persen
Mantan wakil menteri BUMN itu juga menyoroti karakteristik peningkatan kasus Omicron yang eksponensial, namun tidak menciptakan perburukan gejala pada pasien Covid-19. Dengan begitu fokus pemerintah akan lebih menyiapkan alur isolasi mandiri di rumah beserta mekanisme pengawasannya.

“Kami juga bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memastikan agar orang yang dirawat di rumah tetap mendapatkan akses konsultasi kedokteran, dan juga mendapatkan akses untuk delivery obat,” jelas Budi. (bpc2)

Berita Terkini

Selasa, 25 Januari 2022 12:33

Kado Spesial Awal Tahun, Rifan Financindo Kembali Menjadi Juara Pialang Teraktif

PT Rifan Financindo Berjangka mendapat kado spesial di awal tahun 2022 dengan menerima pengumuman bahwa kembali meraih posisi pertama…

Selasa, 25 Januari 2022 12:14

Cek di Sini, Kalau Mau Tahu Harga Karet di Riau Sepekan ke Depan

Dinas Perkebunan Provinsi Riau mengeluarkan data harga bahan olahan karet rakyat atau Bokar. Harga ini berlaku untuk sepekan ke depan.

Selasa, 25 Januari 2022 12:03

Ha? Akun IG Giring Ganesha Hilang, PSI Gelabakan

Akun IG Giring Gaseha (@giring) hilang. Kejadian ini cukup mengagetkan bagi PSI. Sebab, belum parnah terjadi hal seperti itu.

Selasa, 25 Januari 2022 11:35

Obati Bisul dengan Barang-barng Dapur Ini

Yang pernah mengalami bisul, pasti merasakan berapa nyerinya. Bisul timbul karena darah kotor.

Selasa, 25 Januari 2022 11:20

Harga TBS Sawit di Riau Naik Lagi, Usia 10-20 Tahun Rp3.456

Harga TBS sawit di Riau naik lagi. Kenaikan tertinggi terjadi untuk buah kelapa sawit umur 10-20 tahun. Kenaikan disebabkan oleh beberapa faktor.

Selasa, 25 Januari 2022 11:03

Mendagri Malaysia Bahas Ilegal Fishing di Selat Malaka, Apa yang Mereka Sepakati?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia Datok Sri Hamzah Bin Zainudin menyatakan negaranya konsen untuk memberantas ilegal fishing

Selasa, 25 Januari 2022 09:37

500 Hektare Kebun Kelapa di Inhil Akan Direplanting Tahun Ini

Sebanyak 500 hektare kebun kelapa petani di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau akan direplanting tahun ini.

Senin, 24 Januari 2022 20:12

Angka Kematian Omicron Rendah, ‘Tak Perlu Panik & Khawatir’

Angka kematian akibat Covid Omicron tergolong rendah. Masyarakat diminta tak panik.