PSPS Pekanbaru Bersyukur dengan Format Liga 2 Indonesia Musim Ini

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 2, memutuskan untuk mempertahankan format kompetisi yang sama dengan musim lalu, termasuk adanya babak 8 besar.

CEO PSPS Riau, Effendi Syahputra

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 2, memutuskan untuk mempertahankan format kompetisi yang sama dengan musim lalu, termasuk adanya babak 8 besar.

Keputusan ini diumumkan setelah manager meeting yang digelar pada Kamis 25 Juli 2024.

Dalam format baru, 26 tim peserta Liga 2 akan dibagi ke dalam tiga wilayah. Dua wilayah masing-masing terdiri dari 9 tim, sementara satu wilayah terdiri dari 8 tim.

Dari masing-masing wilayah, tiga tim teratas dari dua wilayah yang berisi 9 tim akan melaju ke babak 8 besar, sedangkan wilayah dengan 8 tim hanya dua tim yang akan lolos.

“Keputusan ini merupakan hasil dari diskusi dan masukan, termasuk dari PSPS Pekanbaru yang meminta adanya babak 8 besar. Jadi, format ini memang sesuai dengan keinginan tim,” ujar CEO PSPS Pekanbaru, Effendi Syahputra, pada Jumat 26 Juli 2024.

Babak 8 besar akan menggunakan sistem home and away, demikian juga dengan babak play-off degradasi yang diadakan di akhir musim.

“Dengan format ini, setiap tim akan bermain lebih banyak dibandingkan musim lalu, dan ini memberikan kesempatan yang lebih luas untuk tim yang lolos ke babak final,” tambah Effendi.

Namun, beberapa aspek lain tetap dipertahankan dari musim lalu.

“Terkait pemain U-21, setiap tim masih diwajibkan memiliki lima pemain muda. Selain itu, meskipun ada keinginan untuk memiliki operator Liga 2 tersendiri, PT LIB tetap akan menjadi operator Liga 2 musim ini,” jelas perwakilan PT LIB.

Exit mobile version