Bupati Siak Jadi Keynote Speaker di Acara Forum SKK Migas – KKKS Wilayah Sumbagut

Kamis, 25 November 2021 13:01
Bupati Siak Jadi Keynote Speaker di Acara Forum SKK Migas – KKKS Wilayah Sumbagut

BERTUAHPOS.COM, BATAM – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus mendorong peningkatan peran penunjang industri jasa dan barang dalam negeri pada seluruh pelaksanaan industri hulu migas demi terciptanya efek berganda atau multiplier effect bagi perekonomian nasional dan daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak Alfedri saat menjadi pembicara pada Forum Sumatera Utara SKK Migas – KKKS Wilayah Sumbagut, yang berlangsung di Hotel Best Western Premier Panbil, Kota Batam, 24 November 2021. Pada Forum itu Bupati Alfedri menyampaikan tema “Efek berganda Industri Hulu Migas bagi perkembangan Daerah”.

Bupati Alfedri memaparkan Kontribusi Usaha Hulu Migas PT BSP sebagai perusahaan daerah terhadap Pembangunan di kabupaten Siak.

“Hari ini saya di percaya oleh SKK Migas sebagai pembicara pada forum SKK Migas KKKS Wilayah Sumatera bagian Tengah. Tema yang saya sampaikan seputar kontribusi usaha industri hulu migas terhadap perkembangan daerah. Berbicara tentang dampak industri migas ini, sangat banyak yang dirasakan oleh daerah, pertama dari dana bagi hasil, kemudian dari CSR, khusus Siak ada BUMD yang mengelola hulu migas, yaitu PT Bumi Siak Pusako yang dan Siak yang memiliki saham terbesar, tentu ada Deviden dan juga pengembangan wilayah baru,” ujarnya.

Baca: Israel Larang Umat Muslim Salat di Masjid Ibrahim, Tepi Barat

Kontribusi dari sektor Pertambangan dan Energi terhadap PDRD kabupaten Siak untuk tahun 2020 mencapai 23,44 persen. Angka ini turun dari tahun sebelumnya, ini di sebabkan harga minyak turun di tahun 2020.

Bagaimana sensitivitas dari perkembangan industri migas terkait Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dengan pertumbuhan ekonomi di daerah. Di saat kontribusi migas turun 2020 pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan.

“Disamping itu juga di pengaruhi pendemi Covid-19, di lihat dari sisi pendapatan kontribusi dari usaha hulu migas. Terakhir tahun 2020 328.697 atau 15,67 persen dari APBD. Pengharus sektor migas terhadap pendapatan daerah kabupaten Siak. Dilihat dari Deviden digunakan untuk belanja modal, seperti Inprastruktur, jalan, kesehatan, pendidikan termasuk fasilitas lain,” terangnya.

Sementara pemanfaatan dana CSR PT BSP dari tahun 2002 sampai dengan 2020 telah mengeluarkan dana sebesar Rp 78,14 Miliar. Sementara PPM BOB dari tahun 2002 sampai dengan 2020 totalnya mencapai 37,19 Milyar.

“Sejak tahun 2002-2020 PT BSP telah menyumbangkan keuntungannya kepada para pemegang saham sebagai pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 3,16 Triliun. Untuk CSR di Siak di kelola melalui forum CSR yang sudah memiliki Peraturan Daerah. Sehingga bisa di sesuaikan dengan program pemerintah daerah dengan CSR dari Perusahaan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih,” jelasnya.

Akhir dari paparannya, ia memberikan kesimpulan usaha industri hulu migas tidak mengerak ekonomi secara nasional namun juga ekonomi daerah hanya di bidang perekonomian, pendapatan, pembangunan daerah tenaga kerja dan jasa lain. Namun memiliki multiplier effect (efek berganda) atau memiliki manfaat tidak langsung. (Infotorial)

Berita Terkini

Kamis, 02 Desember 2021 19:23

2 Korban Dilaporkan Meninggal dalam Insiden Kebakaran Gedung Cyber 1

Dua korban meninggal adalah pengunjung gedung

Kamis, 02 Desember 2021 18:06

Al-Azhar Kecam Serbuan Israel di Mesjid Ibrahimi

Serangan itu merupakan tindakan terang-terangan terhadap kesucian Islam.

Kamis, 02 Desember 2021 17:24

Obat Alami Untuk Leher yang Kaku dan Tegang

Terlalu lama duduk di depan laptop, atau tidur dengan posisi yang salah bisa membuat leher terasa kaku dan sakit

Kamis, 02 Desember 2021 17:14

Matangkan Pembukaan S2 Manajemen Dakwah, FDK UIN Suska Riau Studi ke Fidkom UIN Syahid

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) menggesa pembukaan program studi magister (S2).

Kamis, 02 Desember 2021 16:30

KS Tiga Naga Degradasi, CEO Klub Minta Pemain Bertahan

CEO KS Tiga Naga, Rudi Sinaga meminta pemainnya untuk tetap bertahan, walau musim depan mereka akan berlaga di Liga 3.

Kamis, 02 Desember 2021 16:20

Tips Cara Gampang Terhindar Dari Sakit Batu Ginjal

Tak ada siapa pun yang ingin terkena penyakit, apalagi jenis sakit yang menyerang organ vital dalam tubuh seperti batu ginjal.

Kamis, 02 Desember 2021 15:33

Persembahan Spesial Hotel Khas Pekanbaru, Minuman Laksamana Mengamuk

Hotel Khas Pekanbaru memiliki persembahan istimewa, minuman khas Melayu Riau, Laksamana Mengamuk.

Kamis, 02 Desember 2021 15:28

Matangkan Rencana Politik, 3 Syarat Maju Pilpres 2024 Menurut Ridwan Kamil

Ridwan Kamil—Gubernur Jawa Barat ungkap rencana politiknya dalam beberapa tahun ke depan.

Kamis, 02 Desember 2021 14:37

Di City, Pep Guardiola Kalahkan Rekor Sir Alex Ferguson

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memecahkan rekor kemenangan milik Sir Alex Ferguson di Manchester United (MU).

Kamis, 02 Desember 2021 13:10

Soal Kekosongan Jabatan Kadiskes, Syamsuar Pastikan Tak Ganggu Penanganan Covid-19

“Kami pastinya penanganan covid-19 akan tetap berjalan seperti biasanya.”