BMKG Peringatkan Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang di Riau

Hujan Ringan hingga Lebat Mengguyur Sebagian Riau di Awal Pekan Ini

Ilustrasi hujan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Riau pada Senin 5 Agustus 2024.

Cuaca ekstrem ini diperkirakan akan terjadi pada pagi, siang, atau sore hari di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar, Siak, dan Kota Dumai.

“Kondisi cuaca di pagi hari akan berawan dengan kemungkinan hujan di beberapa daerah,” kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, M. Ibnu Amiruddin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga diperkirakan terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Kampar, Meranti, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kota Pekanbaru, dan Dumai.

“Masyarakat di wilayah ini diharapkan tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya hujan dan angin kencang,” tuturnya.

Untuk malam hari, BMKG memperkirakan cuaca cerah berawan hingga berawan dengan hujan ringan di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Bengkalis, Pelalawan, Siak, dan Indragiri Hilir.

Sementara itu, pada Selasa 6 Agustus 2024 dini hari, udara kabur hingga berawan akan menyelimuti beberapa wilayah di Riau.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem ini.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi cuaca terkini dan menghindari aktivitas di luar ruangan saat cuaca buruk,” pungkasnya.

Exit mobile version