Bantah Mantan Korutor Jadi Penyuluh Antikorupsi, KPK: Cuma Memberikan Testimoni

Senin, 23 Agustus 2021 07:38
Bantah Mantan Korutor Jadi Penyuluh Antikorupsi, KPK: Cuma Memberikan Testimoni
KPK RI. (Ilustrasi)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati membantah jika pihaknya menjadikan mantan koruptor atau mantan narapidana korupsi sebagai penyuluh antikorupsi.

Pernyataan Ipi ini sekaligus pelurusan polemik di masyarakat soal mantan koruptor dijadikan penyuluh antikorupsi.

Menurut, rencanan sebenarnya adalah meminta beberapa mantan narapidan korupsi memberikan testimoni pengalaman mereka. Kemudian, dampak yang mereka terima karena menjadi narapidana korupsi.

“Mereka tidak serta merta menjadi penyuluh antikorupsi melainkan para narapidana ini akan diminta memberikan testimoni tentang pengalamannya selama menjalani proses hukum,” kata Ipi, dikutip dari Republika.co.id, Senin 23 Agustus 2021.

Baca: Pengamat: Bagi Parpol Pekanbaru Itu Barometer Politik Riau, Kalau Menang Jadi Modal untuk Pilpres 2024

“Baik dampaknya pada diri sendiri, keluarga, maupun dalam kehidupan sosialnya,” tambahnya.

Menurut Ipi, testimoni dari mantan narapidana korupsi ini diharapkan menjadi pelajaran bagi masyarakat, untuk mencegah terjadinya korupsi.

Ditegaskan Ipi, dengan memberikan testimoni, bukan berarti mantan narapidana korupsi jadi penyuluh antikorupsi. Dia menegaskan penyuluh antikorupsi tersertifikasi dan berkomptensi.

“Untuk menjadi penyuluh antikorupsi tersertifikasi harus mendapatkan pengakuan kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi,” pungkasnya. (bpc4)