Ketua PAE Riau: Kasus Positif Corona Riau dan Sumbar ‘Kejar-kejaran’

Kamis, 29 Oktober 2020 13:12
Ketua PAE Riau: Kasus Positif Corona Riau dan Sumbar ‘Kejar-kejaran’
Ketua PAE Riau dokter Wildan Asfan. (Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau dokter Wildan Asfan Hasibuan mengungkapkan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau dan Sumatera Barat, menunjukan kesamaan angka secara harian. Hal itu terlihat dalam kurun waktu beberapa hari belakangan.

“Angkanya selalu kejar-kejaran. Kadang Sumbar yang lebih tinggi, kadang Riau yang lebih tinggi. Tapi angkanya tidak jauh berbeda,” katanya, Kamis, 29 Oktober 2020 di Pekanbaru.

Advertisement

Dia menambahkan kedua provinsi ini angka kasus terkonfirmasi corona tercatat berada di posisi teratas untuk wilayah Sumatera. “Apakah karena setiap akhir pekan mobilitas orang dari dua provinsi ini tinggi, saya pikir ini ada hubungannya, karena angkanya selaku kejar-kejaran dan dua provinsi ini memang bertetanggaan,” kata.

Wildan mengungkapkan, bisa saja mobilitas orang dari rumah yang masuk ke Riau, atau justru sebaliknya, orang Riau ke Sumbar merupakan penyebab tingginya angka penambahan kasus Covid-19 di Riau. Sebab mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain yang sama-sama memiliki angka kasus Covid-19 tinggi punya potensi besar menjadi penyebab penyebaran Covid-19.

Baca: Rekor Baru, 50 Orang di Riau Terkonfirmasi COVID-19 Hari Ini

“Angkanya Sumbar dengan Riau itu tidak jauh berbeda, hampir-hampir sama, saya menduga ini ada hubunganya dengan mobilitas orang,” ujarnya.

Selain itu, penyebab lain tingginya angka penambahan pasien positif Covid-19 di Riau adalah akibat lamanya hasil swab keluar. Sehingga seseorang yang sudah diswab, tapi hasilnya belum keluar, namun tidak isolasi mandiri bisa pergi kemana-kemana. Setelah hasilnya keluar, ternyata orang tersebut positif. 

“Ini akibat terbatasnya kapasitas labor kita hasilnya itu kan baru keluar beberapa hari, nah, menunggu hasil itu keluar orang ini kan masih keluar kemana-mana sebelum diisolasi,” katanya. (bpc2)

Berita Terkini

Minggu, 29 November 2020 17:32

Timnas U-16 akan Kembali TC di Sleman Desember Nanti

#TIMNAS

Minggu, 29 November 2020 15:12

Hikmah Kekalahan Perang Uhud

#UHUD

Minggu, 29 November 2020 14:01

Masharo Aoki, Pimpinan Pejuang Indonesia Orang Jepang

#PEJUANG

Minggu, 29 November 2020 12:31

Candi Muara Takus Bukti Lemahnya Kepurbakaan Lokal di Riau

#candi #muaratakus #purbakala #situssejarah #sejarahriau

Minggu, 29 November 2020 11:32

Inilah Sempolet, Makanan Khas Melayu Riau

#sempolet #makanankhas #khasmelayu #khasriau

Minggu, 29 November 2020 10:30

Awas! Bank Perlu Waspadai Serangan Cyber di Tengah Pandemi

#berbankan #cybercrime #keuangan

Minggu, 29 November 2020 09:30

Simak Penjelasan Berikut Agar ATM Kamu Tak Dibobol

#atm #tipskeuangan #bobolatm #perbankan