BPBD Riau Prediksi Banjir Kampar pada Desember-Januari

Kamis, 26 November 2020 10:45
BPBD Riau Prediksi Banjir Kampar pada Desember-Januari
Kepala BPBD Riau Edwar Sanger. (Foto: Melba / Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan, perkiraan banjir di Kabupaten Kampar baru akan terjadi pada Desember-Januari atau akhir 2020. Hal ini merujuk pada pengalaman sebelumnya di mana sejumlah daerah kabupaten itu memang sudah langganan musibah banjir.

“Hasil koordinasi terakhir kami dengan pihak pengelola waduk PLTA Koto Panjang bahkan kondisi debit air masih normal. Karena memang intensitas curah hujan di Provinsi Sumatera Barat juga belum tinggi. Biasanya mungkin pada Desember-Januari,” katanya, Kamis, 26 November 2020 di Pekanbaru.

Advertisement

Dia menambahkan, untuk sementara ini upaya yang bisa dilakukan yakni mempersiapkan jumlah personel dan peralatan untuk penanganan banjir. Sembari melakukan pemantauan terhadap daerah-daerah yang sebelumnya sudah masuk dalam daftar pemetaan wilayah rawan banjir saat musim hujan akhir tahun.

“Kalau persiapan peralatan, itu relatif lah ya. Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, bagaimana kesiapan dalam penanganan banjir nantinya,” jelas Edwar.

Baca: Bengkalis Siapkan Wisma Atlet untuk Isolasi Pasien Covid-19

Selain melakukan koordinasi dengan pihak pengelola waduk PLTA Koto Panjang, Edwar menyebut bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak dari Polda Riau. Sebelumnya, dia menjelaskan, dalam kegiatan apel bersama antisipasi penanganan musibah banjir akhir tahun, juga sudah ditekankan kepada banyak pihak agar selalu waspada terhadap potensi banjir di Riau akhir tahun 2020.

“Jadi sifatnya kita koordinasi saja. Jadi kalau memang kami membutuhkan bantuan tinggal disampaikan ke mereka, terutama dengan pihak Polda Riau,” sebut Edwar.

Sedangkan untuk kesiapan personel yang nantinya akan turun ke wilayah bencana, untuk sementara ini sudah dikondisikan. “Personel yang akan turun itu adalah personel gabungan. Yang jelas semua pihak dan instansi terkait termasuk kabupaten/kota juga sudah bersiap,” tuturnya. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 20 Januari 2021 15:32

Apple Digugat, Telegram Diminta Dihapus dari App Store

#aplikasi #telegram apple

Rabu, 20 Januari 2021 14:34

Ini 10 Rumah Sakit di Riau Terbanyak Merawat Pasien Covid-19

#kesehatan #rumahsakit #regional

Rabu, 20 Januari 2021 13:31

Diduga Terjalin Komunikasi, KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari Saudaranya

#HarunMasiku #KPK #Korupsi

Rabu, 20 Januari 2021 12:30

AS Yakin China Melakukan Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur

#china #as #uighur #internasional

Rabu, 20 Januari 2021 11:56

Honda Kritisi Filipina Soal Impor Mobil

#otomotif #impor #filipina