ACT Segera Layarkan Bantuan Kemanusiaan dari Riau untuk Sulbar dan Kalsel

Rabu, 27 Januari 2021 18:50
ACT Segera Layarkan Bantuan Kemanusiaan dari Riau untuk Sulbar dan Kalsel
Kepala Cabang ACT Riau Hendi Gunawan (kanan), Komando Masyarakat Relawan Indonesia Mahbub (kiri). (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan segera melayarkan kapal bantuan untuk korban bencana di  di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Mereka menjulukinya dengan ‘Kapal Kemanusiaan Riau Dermawan’, yang agendakan akan berangkat pada 10 Februari 2021 mendatang.

“Kapal ini akan membawa berbagai bantuan dari para dermawan di Riau, bertolak dari Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat yang akan bertolak ke Sulawesi Barat. Saat ini tim relawan ACT dan MRI (Masyarakat Relawan Indonesia), tengah sama-sama bergerak untuk mengimpun bantuan dari para dermawan di Riau,” kata Kepala Cabang ACT Riau Hendi Gunawan dalam konferensi pers, Rabu, 27 Januari 2021.

Advertisement

Dia mengatakan tim relawan sudah memetakan beberapa daerah sebagai sasaran untuk pengimpunan bantuan, seperti di Dumai, Pelalawan, Kampar dan, Kuantan Singingi, selain di Kota Pekanbaru sendiri.

Bantuan yang nantinya akan disalurkan melalui kapal kemanusiaan Riau dermawan itu, akan berupa bahan pokok, obat-obatan, pakaian selimut dan bantuan lainnya. “Kami mengajak para dermawan di Riau untuk sama-sama membantu saudara-saudara kita di Sulbar yang tertimpa musibah. Sekecil apapun bantuan dari kita tentu sangat besar manfaatnya bagi mereka,” ujar Hendi Gunawan.

Baca: Jelang HUT Adhyaksa, Karo Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau Kunjungi Kejati Riau

BACA JUGA:  Riau Waspadai Banjir, Intensitas Curah Hujan di Sumbar Mulai Meninggi

Dia berujar, untuk di Pekanbaru, kantor Aksi Cepat Tanggap atau ACT Riau di Jalan HR Subrantas Nomor 84 C, langsung dijadikan sebagai Lumbung Peduli atau posko penerimaan bantuan dari para dermawan. Selain itu bantuan juga bisa disalurkan via rekening BNI Syariah: 6660000460 dan Bank Riau Kepri Syariah 8261182611, atas nama Aksi Cepat Tanggap.

“Kami berharap bantuan ini bisa melebihi capaian untuk bantuan gempa di Sulawesi tahun 2018 lalu. Kami mengetuk hati para dermawan untuk menyalurkan bantuannya, berkontribusi dan menitipkan amanahnya kepada kami untuk membantu saudara kita yang sedang ditimpa bencana,” ungkapnya.

“Kami menyadari bahwa kita semua saat ini dihadapkan pada kondisi sulit karena pandemi. Tapi saudara-saudara kita di lokasi bencana lebih dihadapkan pada luka mendalam. Berdasarkan pengalaman saya saat turun ke lokasi bencana, mereka harus antre berjam-jam di tengah panas terik, hanya untuk mendapatkan makanan siap saji.”

Dukungan diberikan oleh Komando Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Mahbub. Dalam kesempatan yang sama dia mengatakan besar harapannya bantuan bisa terkumpul, tidak hanya dari para dermawan di Pekanbaru tapi juga di daerah lain di Riau.

Kata dia, pihaknya juga menggandeng beberapa komunitas dan mahasiswa di Riau untuk terjun langsung ke lokasi agar proses pengimpunan bantuan lebih cepat terealisasi. 

“Sejauh ini beberapa bantuan sudah terkumpul di lumbung peduli, seperti di Kampar, Pelalawan dan di beberapa tenpat lainnya. Diperkirakan sudah mencapai satu ton. Tak masalah sedikit, asal kita bergerak bersama-sama untuk menyalurkan bantuan kepada saudara kita yang tertimpa bencana,” katanya.

Adapun mekanisme penyaluran bantuan nantinya, pihak ACT akan menggandeng aparat untuk pengamanan selama di perjalanan. Hal ini mengingat adanya kekhawatiran keamanan dalam proses pendistribusian.

Mahbub mengatakan, setiap bantuan yang dikirim ke lokasi bencana akan disimpan di gudang Induk Posko Wilayah (IPW), lalu disalurkan ke Induk Posko Daerah (IPD) dan Induk Posko Unit (IPU). “Yang sebelumnya sudah dilakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang dianggap minim tersentuh bantuan kebencanaan,” jelasnya. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 03 Maret 2021 05:12

Tak Terhentikan, City Bantai Wolves 4-1

pekan ke 29 yang mempertemukan mereka dengan Wolves, City menang 4-1

Rabu, 03 Maret 2021 05:00

Catatan Sejarah 3 Februari: Sultan Muhammad Al-Fatih II Naik Tahta

Dikenal sepanjang masa sebagai seorang penakluk kerajaan yang begitu hebat

Selasa, 02 Maret 2021 22:32

Miliki Potensi Besar, Budidaya Ikan Tapah di Desa Kuala Terusan Mulai Digalakkan

Peluang dalam membudidayakan keramba ikan air tawar di Pelalawa.

Selasa, 02 Maret 2021 20:30

Ini Alasan Mengapa Ma’ruf Amin ‘Tutup Mulut’ Soal Investasi Miras

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin sengaja ‘tutup mulut’ perihal Perpres Nomor 10 Tahun 2021.

Selasa, 02 Maret 2021 19:32

Bawaslu Kuansing Sampaikan Piagam Penghargaan ke Kejari

Piagam penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dalam pelaksanaan Pilkada 2020 lalu.

Selasa, 02 Maret 2021 18:32

Seluruh Pejabat di Riau Diminta Hadir, Besok Ada Monev dengan KPK

Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam hal tata kelola pemerintahan.

Selasa, 02 Maret 2021 18:10

Bukan Harimau, Ini Penjelasan BKSDA Soal ‘Hewan Misterius’ yang Serang Nenek di Pelalawan

Kesimpulan BKADA, bukan hewan yang menyerang nenek itu.

Selasa, 02 Maret 2021 17:25

Peresmian Air Panas Sungai Pinang  Diundur

Rencana peresmian akan dijadwalkan kembali.

Selasa, 02 Maret 2021 15:32

Pembakaran Sampah, Lahan 2,500 Meter Persegi Terbakar di Jalan Tanjung Datuk Pekanbaru

“Untuk penyebab kebakaran diduga akibat pembakaran sampah”

Selasa, 02 Maret 2021 15:30

Pemkab Harus Cari Solusi Tepat Soal PETI, Supaya ‘Jangan Asal Tangkap Saja’

“Pemilik modal juga harus ditindak. Jangan pekerja saja.”