Tenaga Medis AS Sesalkan Vaksinasi Covid-19 Sangat tak Adil

Selasa, 29 Desember 2020 13:52
Tenaga Medis AS Sesalkan Vaksinasi Covid-19 Sangat tak Adil

BERTUAHPOS.COM — Sejumlah tenaga medis di Amerika Serikan [AS] sudah mulai disuntik vaksin Covid-19. Namun tenaga medis [seperti dokter dan perawat] di salah satu rumah sakit termuka menyesalkan soal distribusi vaksin yang tak adil dan kacau balau.

Di rumah sakit di Massachusetts, New York, Arizona, Kalifornia, para profesional medis mengatakan mereka yang paling terpapar dengan pasien Covid-19 tidak selalu yang pertama mendapatkan vaksinasi. Sedangkan tenaga medis lain yang memiliki sedikit atau tidak ada kontak dengan pasien Covid-19 telah menerima vaksinasi.

Advertisement

“Ini benar-benar terasa seperti tamparan di wajah,” kata Jennifer DeVincent sebagai perawat rumah sakit top Mass General Brigham dilansir dari NPR yang dikutip dari Republika.co.id, Selasa, 29 Desember 2020.

BACA JUGA:  Meski Paling Parah Dihantam Corona, Brasil Tetap Tolak Vaksin dari China

Di Mass General Brigham, staf rumah sakit rencananya menggunakan aplikasi untuk mendaftar vaksinasi. Setiap orang diurutkan ke dalam “gelombang” berbeda yang dimaksudkan untuk memprioritaskan mereka yang paling berisiko. Namun, rencana tersebut tidak jelas hingga membuat mereka mengaturnya sendiri.

Baca: 7 Manfaat Daun Bidara yang tidak Disangka

DeVincent merawat pasien selama layanan tersedia. Ia kerap terlewat periode pendaftaran vaksinasi karena jam kerjanya amat fleksibel. “Mereka yang paling berhasil mendaftar vaksinasi karena punya waktu yang banyak,” ujar DeVincent.

Sementara peluncuran vaksin berjalan lancar di banyak rumah sakit, tantangan serupa muncul di tempat-tempat seperti New York-Presbyterian dan Stanford Medicine. Di Maricopa County Arizona, pemerintah daerah bertanggung jawab atas distribusi. Sementara pemerintah lokal mencoba untuk menyurvei tenaga kesehatan (nakes) dan memprioritaskan mereka berdasarkan berbagai faktor risiko.

BACA JUGA:  Riau Masih Tunggu Petunjuk Pusat Terkait Vaksin Gotong Royong

Desas-desus berkembang tentang tautan yang seharusnya bersifat pribadi tetapi membiarkan siapa pun membuat janji. Seorang dokter, yang tidak mau disebutkan namanya, menyebut peluncuran vaksinasi di Maricopa County agak tidak teratur dan matang untuk dieksploitasi.

Di New York, seorang dokter yang berafiliasi dengan Northwell Health melakukan 10 atau lebih tes Covid-19 sehari pada pasien. Namun ia belum bisa mendapatkan vaksinasi. “Benar-benar sangat menjengkelkan,” kata dokter yang juga tidak mau disebutkan namanya itu.

Dokter tersebut mengatakan rumah sakit Northwell dengan jaringan 23 rumah sakit dan 74 ribu karyawan belum banyak berbagi informasi vaksinasi. Para nakes hanya diminta menunggu. “Tunggu giliranmu, dan kamu akan diundang ketika kamu diundang,” ucap dokter itu soal kapan mendapat vaksinasi. (bpc2)

Berita Terkini

Jumat, 16 April 2021 05:00

Catatan Sejarah 16 April: Berdirinya Kopassus

Kopassus

Kamis, 15 April 2021 19:42

Jalan Panjang Perjuangan Blok Rokan

Opini, Blok Rokan

Kamis, 15 April 2021 18:01

2 Hari Ramadhan Disdukcapil Kuansing Sepi

Kepengurusan Kependudukan di Kuansing

Kamis, 15 April 2021 17:12

Elite PDIP Merespon Soal Demokrat Merasa Dikhianati Jokowi

Lobi-lobi Politik

Kamis, 15 April 2021 16:43

Taliban Mundur dari Pembicaraan Damai untuk Afganistan Sebelum Militer AS Hengkang

Pembicaraan damai untuk Afganistan

Kamis, 15 April 2021 16:32

Bengkalis Tanggung 69 Ribu Premi JKN Masyarakat Miskin

Integrasi JKN KIS

Kamis, 15 April 2021 15:08

Pengusaha Ragukan Ekonomi Bisa Pulih Sesuai Keinginan Jokowi

Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 15 April 2021 15:01

Jadwal Berbuka Puasa Hari Ketiga untuk Wilayah Pekanbaru Versi Muhammadiyah

Waktu berbuka Pekanbaru

Kamis, 15 April 2021 14:24

BPS Sebut Impor Kurma Naik Tajam

Permintaan Kurma Meningkat

Kamis, 15 April 2021 13:23

DPRD Riau Kritik Refocusing Anggaran Tak Berdampak Pada Penurunan Covid-19

Angka kasus Covid-19 di Riau meningkat