Jauhi Neraka dengan ‘Bersedekah Kurma’, Pahami Maknanya dengan Benar

Selasa, 29 Desember 2020 14:30
Jauhi Neraka dengan ‘Bersedekah Kurma’, Pahami Maknanya dengan Benar

BERTUAHPOS.COM — Rasulullah SAW bersabda, jauhilah neraka dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Bahkan, beliau memerintahkan kepada umatnya untuk bersedekah dengan sebutir kurma jika ingin selamat daripada api neraka.

Jauhilah neraka walaupun dengan bersedekah sebelah butir kurma, maka siapa saja yang tidak mendapatkannya, maka hendaklah (bersedekah) dengan kata-kata yang baik’. [HR Bukhari dan Muslim].

Advertisement

Hadis ini segara gamblang menerangkan bahwa Rasulullah SAW menyuruh umat Islam untuk selalu istiqamah dalam bersedekah, walaupun sedekah yang diberikan jumlahnya sangat sedikit. Karena, sedekah itu lah justru bisa menyelematkan umat Islam dari api neraka.

Apa yang Dimaksud dengan Sebutir Kurma?

Yang dimaksud dengan sebutir kurma dalam hadis tersebut merupakan kiasan tentang amal-amal yang ringan. Kendati demikian, amal yang ringan tersebut bernilai tinggi di hadapan Allah SWT.

Baca: Muhammadiyah: Salat Id di Rumah atau Lapangan Sama Saja

Karena itu, bersedekahlah dengan apapun yang dimiliki, terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Bersedekah tidak harus berupa uang atau barang, tetapi cukup dengan perbuatan atau kalimat kebaikan yang mana akan menjadi penyelamat di Hari Kiamat kelak.

“Dan aku melihat seorang laki-laki dari umatku ketakutan melihat jilatan api neraka. Ia mengusir (jilatan tersebut) dari wajahnya dengan menggunakan tangannya. Kemudian datanglah amalan sedekah laki-laki tersebut. Amalan itu pun menghalangi dan melindungi wajah serta kepalanya [dari jilatan api neraka],” bunyi Tafsir Ibnu Katsir.

Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dengan sanad yang di dalamnya terdapat musnid yang jahalah (tidak diketahui), dari Anas dari Nabi SAW bersabda:

Wahai seluruh kaum muslimin berharaplah terhadap apa-apa yang Allah harapkan atas kalian, dan jauhi serta takutlah terhadap apa yang ditakutkan Allah atas kalian dari adzab-Nya dan hukuman-hukman Allah dan juga jahanam.

Sesungguhnya kalau satu tetes kenikmatan dari surga di jatuhkan di atas dunia maka akan menjadikan indah dunia ini dan apabila satu percik api neraka dipercikan ke dalam dunia ini maka akan menjadikan dunia yang kalian tempati ini rusak.

(bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 20 Januari 2021 14:34

Ini 10 Rumah Sakit di Riau Terbanyak Merawat Pasien Covid-19

#kesehatan #rumahsakit #regional

Rabu, 20 Januari 2021 13:31

Diduga Terjalin Komunikasi, KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari Saudaranya

#HarunMasiku #KPK #Korupsi

Rabu, 20 Januari 2021 12:30

AS Yakin China Melakukan Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur

#china #as #uighur #internasional

Rabu, 20 Januari 2021 11:56

Honda Kritisi Filipina Soal Impor Mobil

#otomotif #impor #filipina

Rabu, 20 Januari 2021 10:16

KPU: Ada 30 Ribu Suara Tidak Sah di Pilkada Riau 2020

#PILKADA

Rabu, 20 Januari 2021 09:30

Kepala BEI Riau Ingatkan Jangan Ikut-ikutan dalam Beli Saham

#saham #InvestasiSaham #PasarModal #finance