Foto Momen dan Memahami Seluk Beluknya

Sabtu, 27 Juni 2020 10:11
Foto Momen dan Memahami Seluk Beluknya
Foto: Instagram @marisanatra.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sebuah momentum itu pada dasarnya merupakan poin yang sangat berharga. Padahal, terkadang tidak pernah disadari kalau ternyata momentum itu terjadi disekitar kita. Abadikan monetum itu dalam sebuah jepretan kamera. Itulah foto momen.

Ada banyak momen sebenarnya, jika ditelaah lebih dalam ternyata menyuguhkan cerita-cerita tersendiri. Ada pesan dengan penuh makna yang terkandung di dalamnya.

Sebuah keberuntungan tentunya jika ada yang menangkap momentum itu dalam lensa kamera, sehingga menghasilkan gambar berkisah. Dan yang paling penting adalah, tidak semua orang bisa menangkap momentum tersebut.

Dewasa ini, fotografi digital lebih memberika keleluasaan dan sudah barang tentu ‘memudahkan’ bagi siapapun untuk mengabadikan momentum berharga di sekitar kita.

Baca: Tips Sukses Kuliah Brilian Ala Dr Eno Suwarno

Pentingkah Momentum dalam Fotografi?

‘Iya’. Momen adalah poin terpenting dalam mengambil foto. Tidak hanya bagi fotografer profesional tapi juga penting bagi fotografer amatir. Ada banyak karya foto biasa menjadi luar biasa ketika di dalam objek fotonya terdapat momen. Karena tidak semua orang bisa mendapatkan momentum itu.

Bagaimana seorang fotografer amatir bisa mendapat momentum terbaik. Dalam teknik fotografi ada istilah timing. Menunggu waktu yang tepat untuk menekan tombol rekam pada kamera menjadi hal penting untuk diperhitungkan. Itu bisa terjadi karena tidak disengaja, tapi itu juga bisa dilakukan dengan sengaja (karena insting), di sinilah keunikannya.

Lomba Foto Momen Bertuahpos — Klik untuk Informasi Selengkapnya

Lomba Foto Momen

Bagaimana Mencari Momentum untuk Objek Foto?

Tomoko Suzuki mengatakan dalam sebuah artikelnya, bahwa dalam fotografi jalanan, momen yang sempurna sangat krusial apabila Anda ingin menangkap bidikan yang mengesankan (snapshot: 2015). Bagi mantan arsitek Pau Buscató, kegagalan pahit adalah bagian utama dari fotografinya.

Namun dia berhasil menciptakan karya foto yang sangat menghibur. Buscató bisa menghasilkan karya seperti itu karena dia tidak mudah jenuh dengan orang dan tempat yang sudah dia lihat jutaan kali. “Terbiasa dengan lingkungan sekitar dapat membutakan kita, maka kita sebaiknya selalu melihatnya dari sudut baru dan bersikap terbuka dengan keadaan,” ujarnya, mengutip vice.com.

Kuncinya adalah terus bersabar — menunggu momen tepat (timing) — dan meyakinkan diri sendiri ada di tempat dan waktu yang tepat. “Fotonya terkadang tercipta begitu saja,” katanya.

Selalau Siap dengan Kamera

Untuk mendapatkan momentum terbaik memang kita harus selalu siap dengan kamera. Bidiklah segala sesuatu (objek) yang muncul. Kita pun perlu untuk sabar menunggu munculnya momen yang tepat tersebut untuk muncul.

Cara populer yang bisa dicoba adalah mencari latar belakang yang menarik terlebih dahulu lalu tunggu hingga muncul gerakan, ekspresi menarik, atau subjek yang melewati latar belakang tersebut.

Untuk melakukan hal ini tentu diperlukan kesabaran yang tinggi karena proses menunggu bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Kamu menyiapkan baterai cadangan. (bpc3)