Ini yang Membuat 3 Karya Ini Menjadi Pemenang Lomba Foto Momen Bertuahpos

Kamis, 27 Agustus 2020 18:54
Ini yang Membuat 3 Karya Ini Menjadi Pemenang Lomba Foto Momen Bertuahpos
3 karya terbaik dalam lomba foto momen bersama bertuahpos

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Lomba foto momen bertuahpos telah mencapai puncaknya. 3 karya foto telah terpilih sebagai foto terbaik.

Pemenang foto terbaik jatuh kepada Muchtamir, dengan akun username instagram @muchtamir, Erwin Kurniawan dengan username @_bullerfish, dan Ivan Setian dengan username @septianpro10.

Advertisement

Foto karya dari Muchtamir adalah bencana banjir yang menimpa Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada 13 Juli 2020 lalu. Fotonya sendiri diambil pada 15 Juli, dua hari setelah bencana ini melanda.

Baca: Catatan Sejarah 19 September: Insiden Hotel Yamato

Dalam fotonya, Muchtamir menampikan kondisi perumahan masyarakat setelah bencana banjir. Ada lumpur, batang pohon menerjang rumah warga.

Menurut dewan juri, foto ini memiliki kesedihan dan penderitaan masyarakat, yang rumah tempat tinggalnya dirusak oleh banjir.

“Dalam foto ini, dewan juri mampu merasakan penderitaan masyarakat, terutama yang rumahnya rusak berat karena terjangan material banjir. Doa kami untuk masyarakat Masamba,” ujar Ketua dewan juri, Rian FB Anggoro, yang merupakan fotografer untuk kantor berita Antara ini.

Karya dari Erwin Kurniawan @_bullerfish juga menjadi foto terbaik. Foto Erwin yang diambil pada 5 Agustus 2020 menampilkan barbershop di Ciawi, Bogo, yang memakai APD lengkap dalam melayani konsumen.

Menurut dewan juri, foto tersebut menjadi pengingat kepada masyarakat, bahwa kita masih menghadapi pandemi COVID-19. Menjaga jarak, mencuci tangan, dan menerapkan protokol kesehatan sangat penting agar pandemi ini bisa segera hilang.

“Apa yang dilakukan barbershop ini memiliki makna yang kuat. Ada pandemi di luar sana, sedang terjadi, saat ini. Ayo, terapkan protokol kesehatan. Kita tekan dan hilangkan pandemi ini,” kata Rian.

Karya dari Ivan Septian @septianpro10 menjadi pemenang foto terbaik selanjutnya. Ivan memberikan judul fotonya ‘Berkunjung ke Rumah Kakek’.

Dalam foto yang diambil di Kuningan, Jawa Barat, pada 17 Juli 2020 ini menampilkan foto seorang cucu yang tampak mengamati apa sedang dikerjakan kakeknya.

Rupanya, sang kakek sedang mengerjakan kipas bambu, tampah, dan tempat mengukus nasi, yang kesemuanya terbuat dari bambu. Sementara, sang cucu melihat dengan penasaran dan bingung.

Dewan juri setuju dengan deskripsi Ivan, bahwa di zaman sekarang, alat-alat hidup yang dibuat sendiri sudah sangat jarang.

“Momen kehangatan kakek dan cucu, dan pembuatan alat-alat tradisional dengan tangan, sudah sangat jarang kita temui saat ini. Foto ini memiliki makna yang kuat disitu,” jelas Rian.

Atas alasan itu, dan juga dengan memperhatikan syarat dan ketentuan dari panitia, dewan juri akhirnya memilih 3 foto tersebut sebagai foto terbaik. (bpc4)