Jelang Libur Nataru 2022, Pengelola Destinasi Wisata Diminta Bentuk Satgas Covid-19

Sabtu, 13 November 2021 09:02
Jelang Libur Nataru 2022, Pengelola Destinasi Wisata Diminta Bentuk Satgas Covid-19
Covid-19 gelombang ketiga (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah meminta kepada tempat pengelola objek wisata di seluruh negeri untuk membentuk satgas Covid-19 di masing-masing destinasi wisata, sebagai bentuk salah satu upaya mengantisipasi penyebaran corona saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Dorongan tersebut tidaknya hanya untuk lokasi wisata, melainkan juga di tempat – tempat pelayanan publik.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan Satgas tersebut bertugas untuk melakukan pengawasan setiap aktivitas pengunjung selama masa liburan dan menekankan protokol kesehatan kepada setiap pengunjung. “Kami juga mendorong agar pihak pengelola menggunakan aplikasi peduli lindungi sebagai platform screening pengunjung dan menjadikannya sebagai prasyarat masuk,” ungkapnya seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 13 November 2021.

Dia menambahkan, jika ada pengunjung yang menolak untuk memenuhi seluruh persyaratan tersebut, maka petugas wajib menolak pengunjung untuk masuk ke lokasi wisata. “Pengunjung juga diharapkan untuk proaktif mengawasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi di area yang dikunjunginya,” tuturnya.

Di lain pihak, masyarakat dituntut berperan aktif mematuhi peraturan yang ditetapkan. Sebagai contoh, setiap langkah kecil sesederhana memakai masker saja akan sangat signifikan hasilnya. “Saya mengajak masing-masing individu untuk menginspirasi orang-orang sekitarnya dalam menegakkan protokol kesehatan. Sehingga mempercepat terciptanya kepatuhan kolektif yang kita cita-citakan selama ini,” imbau Wiku.

Baca: Identitas Ibu Korban Tersebar, LBH Makassar Tak lagi Percaya Penyelidikan

Masyarakat juga diajak menghindari sikap antipati terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Karena kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sebagai bentuk perlindungan bagi masyarakat. “Meskipun liburan panjang akan menjadi tantangan besar bagi Indonesia, Satgas tetap optimis bangsa ini dapat melaluinya apabila kita semua bersikap bijaksana dan disiplin dalam menjalankan peran kita masing-masing,” ujarnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu