CATATAN 2021: Kinerja Buruk Bagi DPRD Kota Pekanbaru

Sabtu, 01 Januari 2022 13:01
CATATAN 2021: Kinerja Buruk Bagi DPRD Kota Pekanbaru

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sepanjang tahun 2021, Anggota DPRD Kota Pekanbaru dinilai masih disibukkan dengan persoalan internal ketimbang menyelesaikan masalah-masalah yang memang sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai mereka legislatif. Hal ini tentulah menjadi catatan buruk kinerja bagi DPRD Kota Pekanbaru dalam setahun masa kerja mereka. 

Puncaknya saat kisruh Badan Kehormatan (BK) terhadap pemakzulan Ketua DPRD Kota Pekanbaru, sehingga menimbulkan ragam persepsi publik adanya ‘kepentingan politik’.

“Mereka (DPRD) terutama kota lah (Pekanbaru), memang kesannya belum mengerti dengan tugas mereka, belum ngerti mereka harus melakukan apa. Kalau seperti ini jelas selama setahun ini kinerja mereka mengecewakan,” kata pengamat kebijakan publik M Rawa El Amady, Sabtu, 1 Januari 2021.

Dia menyebut, salah satu contoh yang jelas terjadi, bagaimana BK mengeluarkan keputusan memecat ketua DPRD Kota Pekanbaru. Sedangkan itu bukan tugasnya. Sementara dalam ketentuannya BK hanya bisa mengusulkan pemecatan. 

Baca: Alumni Berprestasi Terpilih Jadi Waket STIH Dharma Andigha

“Makanya keputusan itu ditolak. Itu kan keputusan tak masuk akal,” tuturnya.

Berangkat dari kondisi dan situasi di internal DPRD Kota Pekanbaru, sejauh ini menurut penilaian publik, kinerja DPRD Kota Pekanbaru masih berkutat ‘berebut’ kepentingan politik semata. Tidak lebih.

Sementara itu dari sekian banyak keluhan masyarakat di Ibu Kota Provinsi Riau ini, seperti terkait banjir dan sampah—yang menjadi persoalan publik mendesak—hampir tak ada apapun yang dilakukan oleh DPRD Kota Pekanbaru. 

“Yang paling baru, isu sekolah yang tiba-tiba diganti pasar, itu tujuannya apa? Ini aneh. DPRD seharusnya mengambil tindakan. Menghilangkan sekolah, bagaimana nasib para siswa tanpa prosedur, itu jelas melanggar Undang-Undang,” tuturnya.

Belum lagi, persoalan infrastruktur dasar lainnya yang memang menjadi hak dasar masyarakat, justru tidak menjadi skala prioritas DRPD Kota Pekanbaru untuk diselesaikan. 

“Atas dasar ini saya melihat memang tidak ada yang mereka kerjakan selama tahun 2021. Ini kan kacau,” sebutnya.

Rawa menyebut, para anggota dewan yang terhormat lebih fokus pada tiga tugas pokok mereka (pengawasan, penganggaran dan Undang-Undang atau Perda). Menurutnya, sepanjang 2021 hampir tidak ada yang beres dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Sepanjang tahun 2021, ada sekitar 20 lebih Perda inisiatif DPRD yang diajukan tercatat sekitar tujuh Perda yang baru disahkan. “Jangan salahkan, kalau ada persepsi DPRD itu tak ngerti dengan produk mereka sendiri,” sebutnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 08:36

Viral Video Anak-anak Bahagia Main Lempar Bola Salju di Kompleks Mesjid Al Aqsa Kota Gaza

Beberapa waktu lalu viral video anak-anak bermain di Kompleks Mesjid Al Agsa di Gaza

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri