600 Kepala Keluarga di Rohul Terendam Banjir

Sabtu, 25 Desember 2021 14:47
600 Kepala Keluarga di Rohul Terendam Banjir
Proses evakuasi warga terdampak banjir di Rokan Hulu.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sebanyak 600 kelapa keluarga (KK) di Kabupaten Rokan Hulu terdampak banjir. Hujan deras telah menyebabkan air sungai meluap. Ratusan warga mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi.

Data dari BPBD Provinsi Riau, daerah yang terendam banjir di kabupaten itu, yakni; di Desa Rambah Tengah Hulu dengan korban terdampak berjumlah sekitar 300 KK. Kelurahan Pasir Pengaraian berjumlah 150 KK, Desa Koto Tinggi 60 KK, Desa Pematang Berangan 90 KK, Desa Babus Salam masih tahap kordinasi karena air masih bertambah.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, untuk daerah Kelurahan Pasir Pengaraian dan Koto Tinggi, ketinggian air sudah berkurang walau lambat, dan masyarakat sudah mulai membersihkan rumahnya.

Lalu, Desa Rambah Tengah Hulu, air masih bertahan dan masyarakat masih berada di tempat yang aman, dan belum bisa kembali ke rumah masing-masing. Daerah Desa Pematang Berangan dan Desa Babussalam, air masih bertambah lambat, dan merendam jalan raya sekitar 500 meter. 

Baca: 129 Orang di Riau Positif Corona Hari Ini, Total Kasus Meninggal Sudah 682

Saat ini tim gabungan BPBD, serta TNI Polri masih melakukan evakuasi dan kajian lokasi. Untuk desa yang terdampak parah saat ini di Pawan, Desa Rambah Tengah Barat. Sedangkan untuk jumlah yang terdampak masih tahap koordinasi dengan pihak desa. 

Banjir Pawan desa Rambah Tengah Barat akibat meluapnya sungai Pawan, ketinggian air mencapai 100 cm hingga 200 cm di pemukiman warga. Saat ini tim gabungan melakukan evakuasi warga ke tempat yang aman.

Dijelaskan untuk banjir di Kelurahan Pasir Pangaraian dan Koto Tinggi akibat meluapnya sungai Kaiti. Ketinggian air 60-90 cm di pemukiman warga. 

Sementara, bantuan logistik yang disalurkan untuk banjir Rohul 25 Desember 2021 ini, adalah 100 goodie bag, 100 kotak Mie instan, 200 liter minyak goreng, 200 kg gula, dan 200 kaleng sarden. 

“Sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat. Atas instruksi Pak Gubernur Riau Syamsuar, saya dan tim langsung turun ke lokasi,” tandasnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri