2022, Lelang Proyek di Pemprov Riau Perlu Dicermati, Sekda: Jangan Sampai Kejadian 2 Tahun Belakangan Terulang

Rabu, 05 Januari 2022 11:17
2022, Lelang Proyek di Pemprov Riau Perlu Dicermati, Sekda: Jangan Sampai Kejadian 2 Tahun Belakangan Terulang
Sekdaprov Riau SF Hariyanto (Foto: Diskominfotik Provinsi Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Soal pelaksanaan lelang proyek untuk tahun 2022 perlu mendapat perhatian serius setelah pengalaman dua tahun belakangan ini, yang mana ada banyak proyak harus dilakukan proses lelang secara berulang.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau (Sekdaprov) SF Hariyanto mengatakan, ada beberapa faktor penyebab masalah ini sering terjadi seperti keterlambatan proses lelang, dan justru hal ini terkesan tidak menjadi perhatian serius oleh para pimpinan OPD.

“Pertama, permasalahan yang sering terjadi adalah keterlambatan proses lelang. Ini terlambatnya proses yang diusulkan oleh OPD (di dalamnya meliputi kelengkapan dokumen dan kajian secara teksnis). Yang kedua, sering berulangnya tender lelang,” katanya, Rabu, 5 Januari 2021.

Dia mengatakan, tahun 2020 untuk lelang ulang terhadap proyak di Pemprov Riau terjadi hingga 45 kali. Sedangkan pada tahun 2021 bukannya ada perbaikan, malah semakin memburuk dengan 140 kali lelang ulang.

Baca: Menolak Vaksin, Sudah Sejak Zaman Dahulu

“Jadi berulang-ulang tendernya. Cari pemenangnya, sanggah, batal, lalu ditenderkan lagi. Ini yang terakhir untuk (tender) jalan Pramuka, sampai dua kali pengulangan lelang,” tuturnya.

SF Hariyanto mengungkapkan bahwa kondisi yang terjadi menandakan lemahnya ketelitian dan penelitian terhadap proyek terkait sebelum masuk proses lelang, pada saat pengadaan barang dan jasa.

“Kesimpulannya, apa yang dilakukan oleh Pokja tanpa dilakukan penelitian pada saat barang itu masih di OPD. Kenapa tidak lengkap, tidak cocok,” tuturnya.

Dia menyontohkan, ada satu proyek pembangunan jalan di salah satu daerah di Pelalawan, yang mana kontraktonya dari Jambi. “Dengan jarak 300 kilometer sangat tidak logis untuk AMP (Alat Pencampur Aspal) dari sana. Pantaskah dia yang menang kontrak?,” tutur Sekdaprov.

FS Hariyanto menyebut memang tidak ada aturan yang mengatur tentang hal tersebut. Namun dalam rencana persiapan pelaksanaan kontrak ada nilai kewajaran yang harus dikedepankan.

“Di situlah dilakukan secara teknis. Apakah wajar? sesuai nggak proyek itu (di Pelalawan) dikerjakan kontraktor dari Jambi dengan jarak 300 kilometer, bisa dia menang kontrak?” sebutnya.

Oleh sebab itu, dia menekankan agar berbagai hal teknis untuk perlu dicermati oleh setiap OPD dalam hal pelaksanaan lelang proyek. Mengingat sangat sering terjadi penunjukan pemenang lelang tanpa melihat situasi dan kondisi yang ada. Sehingga membuat proyek tersebut menjadi tak wajar. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.