Belum Ada Laporan Keluhan dari Peserta Vaksinasi di Riau

Selasa, 26 Januari 2021 14:30
Belum Ada Laporan Keluhan dari Peserta Vaksinasi di Riau
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan sejauh ini belum ada laporan keluhan dari peserta penerima vaksin Sinovac di Riau, setelah dilakukannya vaksinasi.

Seperti diketahui, proses vaksinasi di Riau melibatkan para tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat sebagai kelompok prioritas penerima vaksin. Kegiatan vaksinasi pada tahap pertama juga sudah dilakukan pada 14 Januari 2021 lalu.

Advertisement

“Sejauh ini tidak ada masalah. Semua peserta yang divaksin tidak ada keluhan setelah divaksin,” katanya, Selasa, 26 Januari 2021.

Mimi pun membenarkan bahwa setiap peserta yang sudah mendapat vaksin corona, tetap berpotensi akan terpapar Covid-19. Namun demikian kondisinya tidak separah orang yang tidak mendapat vaksin. “Iya, benar. Namun kondisinya tidak separah yang belum divaksin,” sebutnya.

BACA JUGA:  Kapan Vaksin Corona Disuntikkan ke Warga Riau, Ini Penjelasan Kadiskes Riau

Baca: Milenial Harus Tahu, Ini Khasiat Daun Jambu Biji

Menurut Mimi Yuliani Nazir, orang yang sudah meneriva vaksin Covid-19, jika terpapar virus corona, kondisinya tiga kali lebih rendah jika dibandingkan mereka yang belum disuntikan vaksin.

Diberitakan sebelumnya, tiga daerah di Riau saat ini bersiap untuk dilakukannya vaksinasi pada tahap kedua, yang rencananya akan dilaksanakan pada Februari 2021 mendatang.

Mimi Yuliani Nazir mengatakan, kegiatan vaksinasi tahap kedua masih melibatkan tiga daerah sebelumnya yang menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin. Ketiga daerah tersebut, Pekanbaru, Kampar dan Pelalawan.

“Termasuk orang yang akan divaksinasi, adalah mereka yang sudah divaksin pada tahap pertama. Karena memang untuk membentuk kekebalan tubuh harus dilakukan dua kali vaksinasi,” katanya.

BACA JUGA:  Kadin Riau: Vaksin Corona Perkuat Optimisme Ekonomi Daerah

Dia menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan proses vaksinasi pada tahap kedua, pendistribusian vaksin sudah dilakukan pada tiga daerah tersebut. Kata Mimi, Vaksin Sinovac terdiri dari dua dosis, dan targetkan selesai di Februari.

Selain Kampar, Pekanbaru dan Pelalawan yang sebelumnya telah didistribusikan vaksin corona, Mimi mengatakan ada tida daerah lain di Riau yang juga sudah didistribusikan vaksin Sinovac. Yakni Kabupaten Siak, Bengkalis dan Kuantan Singingi.

Namun menurut Mimi, hingga kini penyuntikan vaksin belum dilakukan. Dia meminta proses vaksinasi sesegera mungkin dilakukan, dan diharapkan sudah rampung di pekan ini. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 08 Mei 2021 14:40

Pembatasan SKB 3 Menteri Soal Jilbab, PAN Beri Dukungan Pada Sumbar

SKB 3 Menteri Dibatalkan

Sabtu, 08 Mei 2021 14:15

Pemprov Riau Disebut Belum Serius Tangani Covid-19

Covid-19, Riau, Anggaran, FITRA

Sabtu, 08 Mei 2021 13:39

Jepang Perpanjang Situasi Darurat

Jepang, Tokyo, Covid-19

Sabtu, 08 Mei 2021 13:05

PKS Desak Jokowi Galang Dukungan dan Kecam Israel

Palestina

Sabtu, 08 Mei 2021 13:03

Siap-siap Mi Pad 5 Segera Meluncur, Intip Dulu Spesifikasinya ya…

Mi Pad 5, Teknologi, Xiomi

Sabtu, 08 Mei 2021 11:48

Poros Partai Islam Akan Membelah Politik Identitas di Pilpres 2024

Partai Islam, Pilpres 2024

Sabtu, 08 Mei 2021 11:31

HK Targetkan 550 KM Tol Trans Sumatera Rampung di 2023

Tol Trans Sumatera