4 Tahapan Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW

Kamis, 24 September 2020 13:59
4 Tahapan Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW
Ilustrasi anak belajar mengaji.

BERTUAHPOS.COMAnak merupakan titipan Allah SWT kepada kedua orang tuanya. Orang tua seharusnya mensyukuri nikmat itu karena dipercaya untuk membesarkan anak-anaknya. 

Orang tua harus merawat, mendidik dan menyayangi mereka mestinya. Dengan harapan anak bisa menikmati perjalanan hidupnya sebagai anak yang sholeh atau sholehah dan mencapai kemandirian, yang akhirnya menjadi kebanggaan orang tua, agama, bangsa dan umat manusia. 

Advertisement

Rasulullah SAW telah memberikan teladan kepada kita sebagai Muslim, bagaimana cara mendidik anak dengan benar, sesuai ketentuan syariat. Namun, ada banyak sekali orang tua yang kufur terhadap nikmat anak yang telah diberikan kepadanya.

Mendidik anak memang tidak mudah. Dalam perjalanannya, ada banyak rintangan dan ujian yang diberikan kepada orang tua, tapi sekali lagi, anak adalah amanah Allah, mendidik anak dengan benar merupakan kewajiban orang tua. Berikut beberapa tahapan mendidik anak ala Rasulullah SAW:

Baca: Empat Amalan Penjaga Dalam Kubur

Tahap pertama – pada umur 0-7 Tahun. Rasulullah SAW memerintahkan untuk memanjakan, mengasihi, menyayangi dengan kasih sayang tiada batas tanpa adanya perbedaan sikap. Hendaknya tidak mendidik dengan cara pukulan jika mereka melakukan sebuah kesalahan, tapi cukup dengan menegur dan memberi tahu mana yang benar dan mana yang salah.

Tahap kedua, umur 7-14 Tahun. Tanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, seperti: Perhatikan urusan akhirat anak, baru urusan dunia. Mengajarkan disiplin untuk melaksanakan shalat tepat waktunya.

Ajarkan kepadanya tentang tanggung jawab, ketika mereka berbuat sesuatu yang melanggar maka harus siap untuk tanggung jawab. Seperti ketika mereka meninggalkan shalat 5 waktu, hendaknya orang tua memukul walaupun pukulan itu ada syarat-syaratnya. Serta mengajarkan anak laki-laki dan perempuan untuk tidur terpisah.

Tahap ketiga – umur 15-21 Tahun. Orang tua sebaiknya melakukan pendekatan yang bersifat perkawanan, diskusi dan membicarakan tentang sesuatu yang bersifat dapat merugikan dan sesuatu yang bermanfaat.

Tahap keempat – umur 21 Tahun lebih. Orang tua memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada anak-anak dengan memberikan kebebasan sehingga dapat menimbulkan percaya dalam dirinya dan mampu mengatasi masalah yang dihadapinya. (mg7)

Berita Terkini

Jumat, 22 Januari 2021 10:10

BPS Catat Jumlah Penduduk Riau Bertambah 855,72 Ribu Jiwa dalam 1 Dekade

#SensusPenduduk #BPS #HasilSensus

Jumat, 22 Januari 2021 09:54

Optimis Tol Pekanbaru-Bangkinang Rampung Sesuai Terget

#tol #pekanbarubangkinang #riau

Jumat, 22 Januari 2021 09:41

Klopp Tak Percaya: Liverpool Tak Mungkin Kalah dalam Pertandingan

#Liverpool #JurgenKlopp #Olahraga

Kamis, 21 Januari 2021 17:32

2 UU yang Paling Banyak Digugat ke MK

#uu #UUCiptaker #UUCorona #MK

Kamis, 21 Januari 2021 16:30

Fahri Hamzah Sebut 400 Ribu Warga AS Korban Covid-19 Dampak Terbelahnya Sosial dan Politik

#FahriHamzah #joebiden #corona

Kamis, 21 Januari 2021 15:32

Covid-19 Buat Negara Rugi Hingga Rp1.000 Triliun 

#covid-19 #pandemi #nasional #finance

Kamis, 21 Januari 2021 14:31

Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Masyarakat

#kesehatan #VaksinMandiri #Jokowi