Harga TBS Sawit di Riau Diprediksi Bangkit Sepekan Kedepan

Minggu, 11 Oktober 2020 15:13
Harga TBS Sawit di Riau Diprediksi Bangkit Sepekan Kedepan
Buah sawit panen warga di Dumai. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Riau diperkirakan akan naik dalam sepekan kedepan. Harga sawit di Riau sangat mungkin untuk terangkat, setelah pada dua pekan belakangan mengalami penurunan cukup signifikan.

Penopang pergerakan kenaikan harga TBS sawit di Riau merujuk pada harga mentah mentah atau CPO yang juga berbalik menguat pada sepanjang pekan ini hingga 7%. Pada pekan ini, harga CPO di bursa Malaysia naik 7,5% secara point-to-point, sehingga harganya menguat di MYR 2.911/ton.

Setelah mengalami tren pelemahan 3 pekan berturut-turut, CPO sepertinya mulai kembali diinvestasikan oleh investor. Pada pekan lalu, CPO melemah 4,04% secara point-to-point,” seperti dikutip dari, sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia.

Fenomena La Nina dianggap menjadi penyebab turunnya harga CPO dalam tiga pekan belakangan. La Nina diprediksi masih akan menjadi masalah bagi kawasan Asia Tenggara dalam beberapa bulan kedepan.

Baca: Harga CPO di Semua Perusahaan Sumber Data di Riau Naik

Reuters melaporkan, faktor lain yang masih akan memberikan dampak buruk bagi pergerakan harga CPO yakni kurangnya tenaga kerja di sektor perkebunan kelapa sawit.

Kondisi ini paling dirasakan Malaysia sehingga akan mengalami hambatan dalam pemanenan, apalagi Malaysia merupakan produsen CPO terbesar kedua setelah Indonesia.

“Produksi Malaysia mengalami pelemahan, tetapi produksi Indonesia tetap kuat,” kata Direktur pialang Pelindung Bestari Sdn Bhd Paramalingam Supramaniam.

Dalam jangka pendek sentimen positif penggerak pasar adalah adanya fenomena pembelian minyak sawit dalam jumlah besar untuk meningkatkan stok di India menjelang perayaan Diwali November nanti.

Kebijakan stocking China dengan pembelian minyak sawit dalam volume besar juga turut menjadi sentimen pendongkrak harga. (bpc2)

Berita Terkini

Selasa, 25 Januari 2022 12:14

Cek di Sini, Kalau Mau Tahu Harga Karet di Riau Sepekan ke Depan

Dinas Perkebunan Provinsi Riau mengeluarkan data harga bahan olahan karet rakyat atau Bokar. Harga ini berlaku untuk sepekan ke depan.

Selasa, 25 Januari 2022 12:03

Ha? Akun IG Giring Ganesha Hilang, PSI Gelabakan

Akun IG Giring Gaseha (@giring) hilang. Kejadian ini cukup mengagetkan bagi PSI. Sebab, belum parnah terjadi hal seperti itu.

Selasa, 25 Januari 2022 11:35

Obati Bisul dengan Barang-barng Dapur Ini

Yang pernah mengalami bisul, pasti merasakan berapa nyerinya. Bisul timbul karena darah kotor.

Selasa, 25 Januari 2022 11:20

Harga TBS Sawit di Riau Naik Lagi, Usia 10-20 Tahun Rp3.456

Harga TBS sawit di Riau naik lagi. Kenaikan tertinggi terjadi untuk buah kelapa sawit umur 10-20 tahun. Kenaikan disebabkan oleh beberapa faktor.

Selasa, 25 Januari 2022 11:03

Mendagri Malaysia Bahas Ilegal Fishing di Selat Malaka, Apa yang Mereka Sepakati?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia Datok Sri Hamzah Bin Zainudin menyatakan negaranya konsen untuk memberantas ilegal fishing

Selasa, 25 Januari 2022 09:37

500 Hektare Kebun Kelapa di Inhil Akan Direplanting Tahun Ini

Sebanyak 500 hektare kebun kelapa petani di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau akan direplanting tahun ini.

Senin, 24 Januari 2022 20:12

Angka Kematian Omicron Rendah, ‘Tak Perlu Panik & Khawatir’

Angka kematian akibat Covid Omicron tergolong rendah. Masyarakat diminta tak panik.

Senin, 24 Januari 2022 19:04

Logam Tanah di Lumpur Lapindo Dikaji, Benarkah Jadi ‘Harta Karun’? 

Potensi logam tanah di lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur mencuri perhatian banyak pihak.