Sejumlah Risiko Perlu Diwaspadai Soal Potensi Lonjakan Harga Pangan Akhir Tahun di Riau

Sabtu, 13 November 2021 17:01
Sejumlah Risiko Perlu Diwaspadai Soal Potensi Lonjakan Harga Pangan Akhir Tahun di Riau
Deputy Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Riau Maria Cahyaningtyas (Foto: Bertuahpos/Melba)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Riau perlu mewaspadai sejumlah risiko terhadap potensi lonjakan harga pangan di daerah menjelang akhir tahun 2021.

Deputi Kepala Perwakilan BI Riau, M Cahyaningtyas mengungkapkan, potensi peningkatan harga komoditas pangan dan kebutuhan pokok masyarakat diperkirakan masih akan terjadi. Hal ini seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat dan minimnya pasokan terutama komoditi yang mudah busuk. 

“Sejauh ini TPID Riau dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau masih terus melakukan intervensi agar harga Bapok tetap terkendali,” ungkapnya.

Adapun sejumlah risiko yang harus diwaspadai TPID antara lain; masih tingginya ketergantungan Riau terhadap pasokan komoditas pangan dari daerah lain. “Curah hujan tinggi di daerah sentra produsen bisa mengurangi pasokan, tetapi kita akan memastikan pasokan lancar,” ungkapnya.

Baca: Wako Pekanbaru : Kalau PSBB Tahap II Tak Berjalan Baik, Kita Bisa Kecolongan

Menurutnya, TPID melalui BI Perwakilan Provinsi Riau sudah melakukan High Level Meeting (HLM) dengan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk memastikan ketersediaan pasokan dan distribusi lancar.

“Kemarin tanggal 10 November 2021, kami sudah HLM dengan jajaran Pemko Pekanbaru untuk memastikan hal itu. Sedangkan di tingkat provinsi memang perlu meningkatkan koordinasi dan mengantisipasi gejolak harga yang berpotensi meningkat pada akhir 2021, makanya kerjasama antara daerah perlu ditingkatkan dengan harapan inflasi pada 2021 akan berada dalam kisaran sasaran inflasi nasional yang sebesar 3 persen plus minus persen,” ucapnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu