Kasetpres Heru Budi Hartono Tegaskan Paskibraka 2024 Boleh Berjilbab Saat HUT RI di IKN

https://news.detik.com/berita/d-7490275/heru-budi-paskibraka-boleh-pakai-jilbab-saat-tugas-upacara-hut-ri-di-ikn

foto: Heru Budi Hartono (Brigitta Belia Permatasari/detikcom

BERTUAHPOS.COM – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menegaskan bahwa anggota Paskibraka 2024 diperbolehkan menggunakan jilbab saat upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pernyataan ini dilontarkan setelah muncul isu mengenai pelarangan jilbab bagi Paskibraka.

“Kami di tingkat pusat, yang akan mengadakan pengibaran bendera pada tanggal 17 Agustus, tetap memperbolehkan adik-adik yang mendaftar dengan jilbab untuk menggunakannya,” kata Heru di Balai Agung, dilsir dari detik.com, pada Rabu 14 Agustus 2024.

Heru juga menambahkan bahwa pada saat gladi bersih di IKN pagi itu, ia melihat peserta Paskibraka putri masih mengenakan jilbab.

“Tadi pagi saat gladi bersih di IKN, Paskibraka putri masih menggunakan jilbab,” ujarnya.

“Kami meminta kepada semua adik-adik putri yang mengenakan jilbab untuk tetap memakainya,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi juga memberikan penjelasan terkait isu tersebut. Dalam jumpa pers di IKN Nusantara, Yudian menegaskan bahwa tidak ada pemaksaan untuk melepaskan jilbab.

“BPIP memahami aspirasi masyarakat dan menegaskan tidak ada pemaksaan untuk melepaskan jilbab. Penampilan Paskibraka putri dengan mengenakan pakaian, atribut, dan sikap tampang pada pengukuhan adalah kesukarelaan mereka,” kata Yudian seperti yang dilansir dari siaran live CNN Indonesia TV, Rabu (14/8/2024).

Yudian menambahkan bahwa penghilangan jilbab hanya berlaku pada saat pengukuhan dan upacara HUT RI di IKN.

“Pada saat pengukuhan Paskibraka dan pengibaran Sang Merah Putih pada upacara kenegaraan, mereka diizinkan untuk tidak mengenakan jilbab. Di luar acara tersebut, mereka bebas menggunakan jilbab sesuai hak mereka,” jelasnya.

Exit mobile version