Harga Minyak Goreng Naik, Pengamat: Tak Ada Guna Operasi Pasar, yang Beli Orang Kaya Juga

Jumat, 07 Januari 2022 11:40
Harga Minyak Goreng Naik, Pengamat: Tak Ada Guna Operasi Pasar, yang Beli Orang Kaya Juga
Minyak goreng kemasan.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Naiknya harga minyak goreng tak cukup hanya direspon dengan operasi pasar yang rencananya akan digelar pemerintah. Perlu upaya lebih konkret secara berkelanjutan agar masalah seperti ini tak terulang kembali.

Hal ini diungkapkan oleh pengamat kebijakan publik Riau M Rawa El Amady saat dihubungi Bertuahpos.com, Jumat, 7 Januari 2021. 

“Masalah kenaikan harga sembako (termasuk minyak goreng) bukan kali ini saja terjadi. Menurut saya perlu adanya langkah jelas dari pemerintah, baik pusat terutama di daerah, gimana caranya yang seperti ini tak terulang kembali.

Dia menambahkan, mengatasi kenaikan harga minyak goreng juga tak cukup hanya dengan operasi pasar. Selama ini, kegiatan tersebut tidak begitu berdampak kepada masyarakat, mengingat sasarannya tak langsung menyentuh kepada masyarakat tak mampu.

Baca: Bantah Tudingan Pelecehan Seksual, Syafri Harto Akan Tuntut Balik Rp10 M

“Tak ada gunanya operasi pasar, toh yang beli juga orang-orang kaya,” sebutnya.

Rawa El Amady menyarankan, langkah yang harus dilakukan pemerintah saat ini yakni memberikan subsidi minyak goreng kepada masyarakat golongan menengah ke bawah, agar dalam situasi apapun harganya tetap bisa terkendali.

“Kalau menurut saya, ya solusinya subsidi. Pemerintah harus mau mengeluarkan anggaran untuk menjamin agar harga minyak goreng yang sampai ke masyarakat itu betul-betul murah. Kalau tidak, kondisinya akan tetap seperti ini. Besok-besok akan naik lagi,” tuturnya. 

Harga minyak goreng yang meroket perlu disikapi serius oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Oleh sebab itu Pemda diminta untuk sesegera mungkin melakukan operasi pasar, agar harga minyak goreng bisa kembali normal.

“Kami juga meminta pemerintah daerah, khususnya dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan operasi pasar minyak goreng di wilayah masing-masing, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” ujar Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 6 Januari 2022.

Di samping itu, Kemendag juga telah melakukan koordinasi dengan produsen dan distributor serta pemerintah daerah untuk terus memastikan ketersediaan minyak goreng di pasar tradisional sehingga tidak terjadi kelangkaan di pasar.

Lutfi menambahkan, di masa pandemi ini pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memastikan harga barang kebutuhan pokok tetap stabil. “Stabilitas harga pangan menjadi perhatian serius pemerintah, termasuk barang kebutuhan pokok lainnya,” klaimnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 08:36

Viral Video Anak-anak Bahagia Main Lempar Bola Salju di Kompleks Mesjid Al Aqsa Kota Gaza

Beberapa waktu lalu viral video anak-anak bermain di Kompleks Mesjid Al Agsa di Gaza

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri