Tahu Nggak Sih, Sosial Media Itu Ada Fungsinya, Ketahui di Sini Supaya Kamu Aman

Minggu, 13 September 2020 06:32
Tahu Nggak Sih, Sosial Media Itu Ada Fungsinya, Ketahui di Sini Supaya Kamu Aman

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Sudah sangat jarang ditemukan ada orang yang tidak punya akun sosial media. Platform ini, sengaja diciptakan agar setiap orang tetap bisa berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Namun, semakin ke sini, fungsi sosial kedia semakin beragam. Yakni penyebaran informasi. Karena jejaring sosial media sangat memungkinkan untuk seseorang bisa menyebarkan dan mendapatkan informasi secara cepat.

Advertisement

Nah, dari sekian banyak sosial media yang ada, boleh dikataka ada 5 jenis sosial kedia yang dikenal sangat populer. Diantaranya, YouTube, Facebook, WhatsApp, Twitter dan Instagram. Setiap sosial media ini mempunyai fungsi masing-masing walaupun pada prinsipnya, tujuan awal sama. Yuk kita simak.

YouTube

Baca: Ini Strategi SpeedUp Kuasai Pasar Tablet Gamers di Pekanbaru

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan  karyawan PayPal pada Februari 2005. Popularitas YouTube semakin menggila belakangan ini di Indonesia, lantaran memang orang-orang lebih suka melihat dan mendengar ketimbang membaca.

Peluang ini ditangkap oleh YouTube untuk memenuhi kebutuhan itu. Maka jangan heran, apapun video yang diunggah ke YouTube, selalu banyak yang menonton. YouTube tidak ubahnya seperti mesin pencari yang menyediakan beragam informasi yang berkaitan dengan video.

Facebook

Facebook  adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Facebook kali pertama diluncurkan pada bulan Februari 2004.

Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Situs ini digunakan untuk mengetahui  atau berinteraksi melalui online  pada saat kita sedang berjauhan dengan orang lain.

Keberadaan Facebook juga banyak difungsikan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Seperti pengembangan usaha, pengembangan pangsa pasar, jadi strategi marketing dan lain sebagainya, selain untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman dan kerabat.

Melalui Facebook juga sangat memungkinkan bagi siapa saja untuk mendapatkan teman baru. Bahkan tidak sedikit orang yang menemukan jodoh mereka di sosial media ini. Namun terlepas dari semua itu, juga ada banyak orang yang bermasalah di Facebook.

WhatsApp

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dan pesan suara, melakukan panggilan suara dan video, dan berbagi gambar, dokumen, lokasi pengguna, dan media lainnya.

Didalam aplikasi ini kita bisa mengenal orang lebih dekat dan mengobrol online secara bersamaan. Hadirnya WhatsApp sebenarnya sebagai pelengkap dari sosial media lainnya yang bersifat lebih pribadi (fungsi personal).

Namun belakangan WhatsApp juga terus mengembangkan kemampuannya untuk hal-hal lain menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah WhatsApp bisnis yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha.

Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Sosial media ini sifatnya lebih terbuka. Maka jangan heran kalau ada banyak orang terbentur masalah dengan cuitan-cuitan mereka di Twitter terutama para publik figur dan pejabat.

Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat, karena bisa melihat atau mengetahui segala bentuk aktivitas orang lain. Aplikasi ini juga populer digunakan oleh kalangan artis dan publik figur lainnya, terutama mereka yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah.

Nah!! Dari pembahasan diatas kita dapat mengetahui aplikasi yang belakangan ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama di kalangan remaja.

Dari data yang didapat aplikasi yang sering digunakan adalah YouTube. Untuk itu, gunakan lah sosial media Anda dengan bijak, jangan sampai keberadaan sosial media malah menambah masalah baru dalam kehidupan kita. (mg4)