Kenali penyebab kanker pada anak

Jumat, 23 Agustus 2013 17:41
Melihat anak yang mengidap kanker tentu menyayat hati. Di saat anak-anak lain sedang menikmati masa kanak-kanak dengan bermain dan belajar, mereka justru harus rajin terapi dan minum obat agar pertumbuhan sel tidak menyebar ke organ tubuh lain. Kita bisa mencegah kanker dengan mencegah pola makan dan gaya hidup sehat. Kenali penyebab kanker pada anak berikut ini:
 
1. Genetik
Jika Anda pernah memiliki riwayat kanker, maka risiko kanker yang diturunkan pada anak cukup besar dibanding orang yang tidak punya riwayat kanker sebelumnya.
 
2. Radiasi
Radiasi memainkan peran penting dalam menumbuhkan sel kanker. Ibu hamil yang sering terkena radiasi berisiko tinggi janinnya mengidap kanker. Selain itu anak yang mendapat terapi radiasi untuk pengobatan penyakit tertentu juga meningkatkan risiko tumbuhnya tumor.
 
3. Paparan bahan kimia
Banyak jenis bahan kimia yang dikenal bersifat karsinogen. Paparan kimia sejak mengandung juga bisa menyebabkan kanker pada anak.
 
4. Lingkungan dan makanan
Asap rokok , polusi, lingkungan yang tidak bersih bisa mendorong terjadinya kanker. Lalu mengonsumsi makanan dengan pengawet, pewarna dan pemanis buatan bisa merupakan faktor risiko penyebab kanker.
 
Jaga kesehatan dan perhatikan apa yang Anda konsumsi sejak masa kehamilan agar tidak berdampak negatif pada janin Anda.
 
(merdeka.com)