Adakah Banci di Zaman Rasulullah SAW?

Selasa, 07 Juli 2020 07:45
Adakah Banci di Zaman Rasulullah SAW?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Nabi Muhammad SAW secara tegas melarang laki-laki yang menyerupai dan bersifat keperempuanan.

Begitu juga sebaliknya, perempuan dilarang menyerupai laki-laki.

Advertisement

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari)

Tidak ada catatan tentang keberadaan banci di zaman Rasululllah SAW masih hidup. Namun, banci (mukhannatsun) mulai muncul setelah nabi wafat.

Baca: Awal Mula Peradaban Islam Mesir

Sejarawan Philip K Hitti dalam bukunya yang berjudul History of The Arabs menuliskan banci (mukhannatsun) mulai muncul di zaman khalifah Ustman bin Affan.

Mereka adalah pemusik laki-laki yang bersikap feminim yang pertama kali disebut mukhannatsun. Tak hanya itu, mereka juga mewarnai kukunya dan bersikap layaknya perempuan.

Salah satu mukhannatsun yang terkenal bernama Thuways. Namun, tak banyak catatan mengenai Thuways.

Yang diketahui hanyalah Thuways dianggap bapak lagu dalam Islam. Thuways adalah orang pertama yang menyanyi dalam bahasa Arab sambil diiringi tambur.

Catatan lainnya mengenai mukhannatsun Thuways adalah dia memiliki banyak murid. Salah satunya adalah Ibn Surayj, yang dianggap sebagai salah satu dari empat penyanyi terbesar dalam Islam. (bpc4)