Khasiat Buah Mengkudu, Menurunkan Demam hingga Mencegah Kanker

Jumat, 18 September 2020 22:03
Khasiat Buah Mengkudu, Menurunkan Demam hingga Mencegah Kanker

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Mengkudu atau Morinda citrifolia disebut juga buah pace atau noni.  Mengkudu berwarna hijau dan memiliki bintik-bintik hitam, serta rasa yang pahit. Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya buah mengkudu, alias buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi.

Buah hijau eksotis seukuran kentang ini sendiri memang tidak enak rasanya dan mengeluarkan bau busuk yang sedikit tajam, sehingga lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus maupun suplemen makanan. Buah mengkudu banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat herbal.

Advertisement

Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik.

Hal inilah yang membuat buah mengkudu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagian tanaman mengkudu yang paling sering dijadikan obat herbal adalah buahnya.

Baca: Catatan 30 Agustus: Referendum, Timor Timur Pilih Merdeka

Yuk simak khasiat buah mengkudu untuk kesehatan, dikutip dari hellosehat.com.

1. Menurunkan Demam

Jus Noni atau mengkudu memiliki khasiat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, menurunkan demam, dan mengobati badan pegal linu.

2. Mengatasi Arthritis

Jus Noni membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis karena sifat analgesiknya. Membungkus daun mengkudu segar di sekitar daerah yang bermasalah juga bisa meredakan radang sendi, bengkak dan sakit akibat arthritis.

3. Menurunkan Resiko Encok

Encok sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

4. Melindungi dari resiko kerusakan akibat stroke

Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke. Buah mengkudu akan melindungi dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah sementara ke otak.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan scopoletin yang ada dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Selain itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

6. Menurunkan kolesterol

mengonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein kepadatan tinggi adalah bentuk kolesterol yang baik. Mengkudu juga mengurangi low-density lipoprotein, bentuk kolesterol yang buruk.

7. Menurunkan gula darah

buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah. Mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah.

8. Mengurangi stress

Menurut ahli nutrisi klinis Byron J. Richards, Jus mengkudu mampu membantu Anda mengatasi stress dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak.

9. Mencegah kanker

Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko Anda terhadap kanker. Buah mengkudu telah menunjukkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal tentang manfaat buah untuk pencegahan dan prngobatan kanker payudara.

10. Mengobati iritasi kulit kepala

buah hijau ini mengandung sifat anti-bakteri dan antijamur, dan dengan demikian dapat membantu mengatasi iritasi kulit kepala.

Di balik rupanya, ternyata apa yang terkandung di dalam buah mengkudu alias noni sangatlah melimpah. Meski rasanya pahit dan baunya yang tajam, kamu pastinya tidak akan rugi bila mengonsumsi buah mengkudu ini secara teratur.

Meski mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan, buah mengkudu yang diolah menjadi jus tidak boleh diberikan kepada penderita gagak ginjal kornik. Sebab, jus buah mengkudu bisa meningkatkan jumlah kalium di dalam darah. (mg2)

Berita Terkini

Minggu, 24 Januari 2021 15:31

Baznas Riau Tergetkan Pengumpulan Zakat 2021 Hingga Rp17 Miliar 

#Zakat #Baznas #Riau

Minggu, 24 Januari 2021 15:01

Madinah Dinobatkan WHO Sebagai Kota Sehat Dunia

#MADINAH

Minggu, 24 Januari 2021 13:43

Rp5,56 Triliun Digelontorkan BPDPKS untuk Peremajaan Sawit 2021

#ReplantingSawit #BPDPKS #Sawit

Minggu, 24 Januari 2021 12:30

Hasil Sensus 2020, Jumlah Penduduk di Riau Lebih Banyak Laki-laki Dibandingkan Perempuan

#SensusPenduduk2020 #BPSRiau #PendudukRiau

Minggu, 24 Januari 2021 11:30

Cek Harga Terbaru Mobil Daihatsu Sigra 2021

#DaihatsuSigra #Otomotif

Minggu, 24 Januari 2021 11:01

Sudirman, Panglima TNI yang Bergerilya dengan Satu Paru-Paru

#SUDIRMAN

Minggu, 24 Januari 2021 10:35

Doni Monardo Yakin Terpapar Covid-19 Saat Makan

#Covid19 #DoniMOnardo