DKP Riau Akui Illegal Fishing Masih Hantui Perairan Rohil

Minggu, 17 Januari 2021 15:33
DKP Riau Akui Illegal Fishing Masih Hantui Perairan Rohil

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau Herman mengakui bahwa kasus illegal fishing masih menghantui perairan Rokan Hilir (Rohil).

Herman mengatakan illegal fishing merupakan masalah laman dan masih terjadi hingga saat ini. “Tetapi saat ini yang memuncak di Bagan Siapiapi untuk illegal fishing. Seperti penggunaan alat pancing terlarang dan kapal ikan asing,” jelas Herman.

Terkait illegal fishing, Herman menjelaskan saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan Riau sudah memiliki tiga UPT Pengawasan Illegal Fishing di Kabupaten Indragiri Hilir (Tembilahan), Bengkalis, dan Rokan Hilir (Bagan Siapiapi).

Potensi laut Provinsi Riau bisa terganggu akibat ancaman dari adanya illegal fishing. Apabila merujuk pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 37/PERMEN-KP/2017, penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing dapat diartikan sebagai kegiatan perikanan yang tidak sah atau kegiatan  perikanan yang dilaksanakan bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perikanan. (bpc2)

Baca: Setelah Dipecat Sepihak, Bukan Cuma AHY yang Digugat Marzuki Alie Cs