KPK Inggris Selidiki Dugaan Korupsi Garuda Indonesia, Ini Kata Erick Thohir

Jumat, 06 November 2020 15:32
KPK Inggris Selidiki Dugaan Korupsi Garuda Indonesia, Ini Kata Erick Thohir

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Lembaga anti korupsi di Inggris, merencanakan penyelidikan dugaan korupsi Garuda Indonesia, dan produsen pesawat terbang yang bermarkas di Montreal, Bombardier. 

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa pemerintah Indonesia mendukung penuh langkah itu. BBC Indonesial, melaporkan Badan Anti Korupsi Inggris telah mengkonfirmasi bahwa mereka tengah menjalankan tugas itu.

Advertisement

“Karena ini merupakan bagian dari good corporate governance dan transparasi yang dijalankan sejak awal kami menjabat dan sesuai dengan program transformasi BUMN,” kata Erick Thohir dalam keterangan resminya, Jumat, 6 November 2020.

SFO sejauh ini tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang proses penyelidikannya. Bombardier telah bertemu dengan SFO untuk membicarakan bantuan yang dapat diberikan dalam proses penyelidikan atas dasar sukarela. Dirut Garuda ‘diberhentikan’ terkait dugaan penyelundupan motor Harley Davidson.

Baca: Dolar Tembus Rp 11.000, Utang Perusahaan Swasta RI Menggunung

Direktur utama ketika itu, Emirsyah Satar, telah divonis penjara selama 8 tahun pada Mei lalu, karena menerima suap dalam pemesanan pesawat Airbus dan mesin Rolls-Royce. 

Lebih lanjut Erick menyatakan akan terus berkoordinasi dengan aparatur penegak hukum seperti KPK, Kementerian Hukum dan HAM, serta dan Kejaksaan dalam penanganan kasus Garuda.

Menurutnya, Kementerian Hukum dan HAM akan membantu Kementerian BUMN dalam melakukan revisi kontrak melalui mutual legal assistance atau bantuan hukum timbal balik. Adapun SFO mengumumkan investigasinya pada Kamis, 5 November 2020. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 03 Desember 2020 20:02

Pak Mursini, Jadilah Pemimpin Yang Jujur, Jangan Berbohong!

#sidang #korupsi #kuansing

Kamis, 03 Desember 2020 17:40

Satgas Covid-19 Akui Sistem Data Belum Optimal

#data #covid #corona

Kamis, 03 Desember 2020 17:18

Pochettino Tertarik Latih PSG?

#PSG

Kamis, 03 Desember 2020 16:44

Dituduh Langgar Sanksi PBB, Ini Bantahan China

#china #as #pbb

Kamis, 03 Desember 2020 16:23

Hampir 21 Ribu Orang di Riau Sudah Positif Corona

#corona #covid #riau

Kamis, 03 Desember 2020 14:06

Begini Gambaran Literasi dan Inklusi Asuransi di Riau

#asuransi #ojk #riau