Heboh BBM Premium & Pertalite Dihapuskan, Pertamina (Persero) Harus Murahkan Harga Pertamax

Senin, 27 Desember 2021 16:02
Heboh BBM Premium & Pertalite Dihapuskan, Pertamina (Persero) Harus Murahkan Harga Pertamax
Seorang pengendara mengisi BBM di SPBU.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Wacana pemerintah menghapus BBM Premium dan dilanjutkan dengan penghapusan BBM jenis Pertalite, dianggap sebuah kebijakan tak tepat. Terutama di tengah keterpurukan kondisi ekonomi masyarakat saat ini.

Pandangan ini disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, Senin, 27 Desember 2021. Dia pun menyayangkan pemerintah mengambil kebijakan itu, sebab akan membuat kondisi ekonomi masyarakat kian terpuruk, setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19.

Dia pun menyebut, jika memang harus pemerintah melakukan penghapusan BBM Premium dan Pertalite, maka harga BBM Pertamax harusnya dimurahkan. “Kalau memang dipaksa masyarakat untuk menggunakan Pertamax, harganya lebih murah, dong (disesuaikan dengan harga Pertalite),” katanya.

Hamdani mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut sangat tidak tepat jika harus diberlakukan di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang masih jauh dari kata ‘stabil’. Pemerintah dalam hal ini PT Pertamina (Persero) harusnya bisa membangun komunikasi baik kepada pihak pengambil kebijakan, agar setiap keputusan yang diambil tidak terkesan dadakan dan memaksakan diri.

Baca: Warung Slankers Wadahnya Kreatifitas Anak Slank

Seperti diberitakan sebelumnya, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan minat masyarakat terhadap BBM Premium secara umum telah menurun. “Iya masyarakat sudah bijak memilih BBM berkualitas,” katanya.

Penghapusan BBM Premium kini menjadi perbincangan publik di Tanah Air. Dikabarkan BBM Premium dihapuskan mulai tahun depan 2022. Pemerintah akan melakukan masa transisi yang memungkinkan BBM RON 90 digunakan sebagai bahan bakar menuju BBM ramah lingkungan. 

Salah satu alasan penghapusan ini adalah kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik. Tidak hanya BBM Premium, Pertalite juga akan dihapus secara berangsur-angsur. Roadmap terkait BBM ramah lingkungan kini tengah disusun.

Jika sebelumnya pengalihan dari Premium ke Pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%. Selanjutnya, perubahan akan dilanjutkan ke Pertamax untuk menurunkan emisi sebesar 27%. 

“Kita memasuki masa transisi di mana Premium akan digantikan dengan Pertalite, hingga pada akhirnya kita hanya akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Soerjaningsih, Kamis, 23 Desember 2021.

Dia menambahkan, pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk meredam gejolak masyarakat yang berpotensi muncul terkait proses shifting Pertalite ke Pertamax. Salah satunya dengan menyusun roadmap bahan bakar minyak ramah lingkungan.

Apakah benar Pertalite akan dihapus pada 2022? Dikutip dari kompas.com, sejauh ini PT Pertamina (Persero) menyatakan akan tetap menyediakan BBM Premium dan Pertalite, sebagaimana ditugaskan dalam Perpres Nomor 43 tahun 2018 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. 

Artinya Premium dan Pertalite tetap didistribusikan ke SPBU, termasuk BBM jenis lainnya. “Untuk itu kami meminta kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai dengan kebutuhan. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri