Tips Jitu Kelola Keuangan Usaha

Rabu, 13 Agustus 2014 10:18

BERTUAHPOS.COM  –Menurut Motivator profesional Phobi Kevin, laporan keuangan sangat penting dalam dunia usaha, termasuk UMK. Melalui sistem pencatatan dan pelaporan keuangan yang baik, pelaku usaha dapat memonitor kondisi keuangan perusahaan.

“Dengan melihat laporan keuangan, maka kita bisa tahu apakah perusahaan dalam keadaan sehat, krisis atau sudah bisa dinyatakan bangkrut,” jelas Phobi di depan 100 pelaku UMK di wilayah Jambi, Sumatera Selatan.

Berikut ada beberapa cara cerdas kelola keuangan usaha (UMK) yang bisa Anda ikuti dilansir dari laman Ciricara.com :

1. Pisahkan uang pribadi dan usaha

Baca: Pekanbaru Berpotensi Hujan Siang Ini

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan keuangan usaha dengan uang pribadi Anda.

2. Tentukan besarnya modal

Anda sebagai pendiri usaha harus tahu berapa modal yang diperlukan untuk kebutuhan usaha. Data ini nantinya yang akan menjadi dasar penghitungan, apakah usaha Anda mendapat keuntungan atau malah merugi.

3. Buat pembukuan

Agar bisa mengontrol keuangan usaha, Anda sebaiknya membuat pembukuan. Catat semua transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, serta utang dan piutang.

4. Kurangi risiko dari utang usaha

Anda sebaiknya menghindari utang, baik itu kredit modal untuk mengembangkan usaha. Jika ingin berutang, sebaiknya Anda pikirkan juga apakah keuntungan yang didapat bisa menutup utang tersebut atau tidak.

5. Kontrol kelancaran arus kas usaha

Agar usaha Anda tetap berjalan, arus kas usaha harus bisa dikontrol. Nantinya kas usaha ini akan berguna untuk menambah modal usaha ketika terjadi kerugian. Bisa dibilang, Anda harus menyiapkan dana cadangan untuk usaha.(*)