Catatan Sejarah 31 Desember: Penuh Korupsi, VOC Dibubarkan

Selasa, 31 Desember 2019 08:55
Catatan Sejarah 31 Desember: Penuh Korupsi, VOC Dibubarkan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada awalnya memberikan keuntungan yang luar biasa untuk Belanda

VOC walau hanya sebuah serikat dagang mendapatkan hak istimewa dari Pemerintah Belanda. Mereka diberi hak mengumumkan perang, mengadakan perjanjian, dan bahkan mencetak mata uang sendiri. Tahun 1669, VOC mempunyai lebih dari 150 kapal dagang, 40 kapal perang, 50.000 pekerja, 10.000 tentara, dan deviden 40 persen.

Advertisement

Namun, mulai pertengahan abad 18, VOC mulai diterpa banyak masalah. Salah satunya, pegawai yang banyak membuat pengeluaran untuk gaji juga besar.

Masalah lainnya, banyak pegawai VOC yang curang dan melakukan korupsi, sehingga membuat beban keuangan VOC semakin berat.

Baca: Lagi Aksi Curanmor di Inhu, Terekam CCTV

Disisi lain, VOC harus menghadapi perang melawan kerajaan yang ada di Indonesia, seperti Kerajaan Gowa dan kerajaan lainnya.

Akhirnya, pada 31 Desember 1799, VOC resmi dibubarkan dengan utang sebesar 136,7 juta gulden. Sementara aset yang ditinggalkan adalah gudang, kantor, kapal, dan daerah jajahan yang luas. (bpc2)