Kabid Sarpras Disdik Kuansing dan Direktur CV Aqsa Jaya Mandiri Didakwa Korupsi Proyek Rp4,5 Miliar

Rabu, 24 Februari 2021 15:48
Kabid Sarpras Disdik Kuansing dan Direktur CV Aqsa Jaya Mandiri Didakwa Korupsi Proyek Rp4,5 Miliar
Penjara 3 tahun

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi Sartian ST MSi dan Direktur CV Aqsa Jaya Mandiri Endi Erlian, serta Aries Susanto (kontraktor), didakwa melakukan tindak pidana korupsi pengadaan Modul Eksperimen Pembelajaran IPA Sain SD Berbasis Digital Interaktif pada Disdikpora TA 2019, senilai Rp4,5 miliar.

Pada sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, Rabu 24 Februari 2021, Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Kuansing, Roni Syaputra SH, menghadirkan Kepala Unit Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Kuansing, Andi, sebagai saksi. Di hadapan majelis hakim yang diketuai Saut Maruli Tua SH MH, saksi menerangkan tugasnya sebagai Kepala KUPBJ, serta proses hingga ditetapkan pemenang oleh Pokja.

Advertisement

Sementara dalam dakwaan JPU sebelumnya disebutkan, perbuatan terdakwa berdasarkan ketentuan Pasal 35 Ayat (2) Undang-undang Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi “yang melakukan, atau turut serta melakukan, secara melawan hukum melakukan perbuatan yang secara melawan hukum, memperkaya diri sendiri atau suatu korporasi, yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Adapun perbuatan terdakwa bermula tanggal 14 Januari 2019 terdapat Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Rp4.500.000.000,  kegiatan pengadaan alat peraga dan alat pembelajaran SD dan nama pekerjaan Pengadaan Modul Eksperimen Pembelajaran IPA Sain SD Berbasis Digital Interaktif pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi TA 2019.

Baca: PBB Laporkan Pimpinan Kelompok Teroris Al-Qaeda di Tengkap

BACA JUGA:  Semua Pimpinan DPRD Bengkalis Disebut Terima Uang Rasuah dari PT CGA, Khusus Eed, Dijemput ke Surabaya

Bahwa untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, terdakwa Sartian, merupakan Kabid Sarpras, sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran. Terdakwa Sartian, sekaligus ditunjuk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Tanggal 12 Maret 2019, terdakwa Sartian bersama dengan Pejabat Pelaksana Teknis Pekerjaan (PPTK) yaitu saksi Wiwin Satriadi SPd dan saksi Benny Hartono SPd (staf bidang sarana dan prasarana) melakukan suvery harga barang ke Bekasi yaitu di kantor dan Gudang PT. Grand Sains, bertemu dengan Soedarta Eka Saputrawan  (Direktur PT. GRAND SAINS). Terdakwa lalu meminta daftar harga, melakukan pengecekan ke gudang serta melihat stok barang selain itu juga melakukan survey dan meminta daftar harga barang beberapa perusahaan lainnya.

Kemudian untuk penetapan spesifikasi teknis barang, terdakwa Sartian ST.,M.Si. mengacu kepada spesifikasi teknis barang yang ada di PT. GRAND SAINS. Adapun daftar harga barang yang diberikan PT. GRAND SAINS Total alat 1 paket Rp204.546.000,PPN 10 % 20.454.600. Total Keseluruhan 225.000.600.

Slanjutnya terdakwa Sartian menetapkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dengan Total alat 1 paket  224.999.500. Total 20 paket Rp4.499.990.000. Penetapan HPS didasarkan pada daftar harga barang yang diperoleh terdakwa Sartian dari PT. GRAND SAINS yaitu dengan harga total 20 paket barang sebesar Rp4,5 miliar.

Padahal berdasarkan keterangan saksi Adil Simanjuntak,  selaku Direktur Utama PT. GRAND SAINS menyatakan dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk 20 paket sebesar Rp.4,5 miliar yang diterbitkan oleh PT. GRAND SAINS bulan Maret tahun 2019, yang diberikan kepada terdakwa tersebut, pihak PT. Grand Sains memberikan potongan diskon sekitar 40% sedangkan untuk pajak PPn, PPh, distribusi dan pelatihan sudah termasuk dalam diskon tersebut. 

Untuk melaksanakan kegiatan pelelangan umum pekerjaan Pengadaan Modul Eksperimen Pembelajaran IPA Sain SD Berbasis Digital Interaktif  pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi TA 2019 tersebut maka Kepala Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kabupaten Kuantan Singingi menerbitkan Surat Keputusan Nomor: Kpts.05/SET-PMB/III/2019 tanggal 11 Maret 2019 tentang Penetapan Kelompok Kerja (POKJA).

Setelah proses lelang berjalan dan dilakukan Evaluasi Administrasi, Evaluasi Dokumen Kualifikasi, Evaluasi Teknis, Evaluasi Harga dan Pembuktian Kualifikasi terhadap CV. AQSA JAYA MANDIRI dengan Direktur saksi  ENDI ERLIAN alamat Desa Pisang Berebus/Kel. Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, dinyatakan telah memenuhi syarat/lulus dan dinyatakan sebagai pemenang lelang. 

Pada saat proses lelang terdakwa ENDI ERLIAN selaku direktur CV. AQSA JAYA MANDIRI memasukkan harga penawaran berdasarkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat oleh saksi YUSMANTONO (orang suruhan saksi ARIES SUSANTO) dimana harga dalam RAB tersebut dibuat berdasarkan daftar harga barang dari PT. GRAND SAINS demikian juga mengenai spesifikasi teknis barang;

Hasil pelelangan tersebut kemudian terdakwa SARTIAN,ST.,M.Si. menerbitkan surat Nomor : 018/PPK/SPPBJ/DISDIKPORA-KS/2019 tanggal 21 Mei 2019 perihal Penunjukan Penyedia untuk pelaksanaan pekerjaan Pengadaan Modul Eksperimen Pembelajaran IPA Sain SD Berbasis Digital Interaktif TA 2019 tersebut.

Selanjutnya pekerjaan dikerjakan oleh penyedia jasa CV. AQSA JAYA MANDIRI (Direktur saksi ENDI ERLIAN) dengan nilai kontrak sebesar Rp.4.490.186.000. Pkemudian dilaksanakan oleh terdakwa ARIES SUSANTO menggunakan perusahaan CV. AQSA JAYA MANDIRI dengan cara meminjam secara lisan kepada saksi ENDI ERLIAN selaku direktur CV. AQSA JAYA MANDIRI dengan kesepakatan bahwa terdakwa ARIES SUSANTO akan memberikan fee sebesar 2.5 % dari nilai kontrak. (bpc17)

Berita Terkini

Senin, 19 April 2021 21:31

Akan Punya Bursa Mata Uang Kripto, Ini Kata Bappebti

Mata Uang Kripto

Senin, 19 April 2021 20:30

Demokrat Tolak Jatah Menteri Jika Jokowi Jadi Reshuffle Kabinet

Sikap Demokrat Tetap Dioposisi

Senin, 19 April 2021 19:51

Sinyal dari Ustaz Yusuf Mansur, Witjaksono Akan Jadi Menteri Investasi

Klaim Calon Menteri Investasi

Senin, 19 April 2021 19:30

Bengkalis Disunting Ratusan Miliar Dana dari BRGM

BRGM, Bengkalis

Senin, 19 April 2021 18:23

Sidang Korupsi, Yan Prana Sebut Pemotongan SPPD Usulan Dona Fitria

Sidang Yan Prana Jaya

Senin, 19 April 2021 17:33

Sidang Korupsi Yan Prana, Lima Saksi Ngaku Keberatan SPPD Dipotong 10%

Sidang Korupsi Yan Prana Jaya

Senin, 19 April 2021 17:02

Pelatih Tottenham Jose Mourinho Dipecat

Tottenham menyisakan 6 laga di Liga Inggris

Senin, 19 April 2021 16:22

Kasus Positif Covid-19 di Riau Kian Meningkat, Ini Penekanan Syamsuar untuk Daerah

Beberapa Poin Penekanan Gubri dalam Penanganan Covid-19