Kadisnaker: Perusahaan Harus Prioritaskan Warga Pekanbaru

Senin, 11 Agustus 2014 17:45
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU– Pekanbaru bagaikan madu yang sangat digemari para lebah. Sepekan usai lebaran saja, diperkirakan pendatang ke Pekanbaru mencapai lebih dari 5000 orang.

Banyak kalangan menilai jika arus migrasi tak dikendalikan, maka bisa mengancam tenaga kerja tempatan. Namun anggapan miring tersebut dibantah Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pekanbaru, Jhonny Sarikoen kepada bertuahpos.com.

Dirinya menilai tenaga kerja lokal tetap menjadi prioritas utama bagi perusahaan yang berada di Kota Bertuah. “Itukan sudah diatur Perda (Peraturan Daerah) nomor 4 tahun 2002 tentang penempatan tenaga kerja.


Dalam Perda tersebut diatur, yang diprioritas terlebih dahulu adalah warga Pekanbaru yang bisa dilihat dari KTPnya. Baru jika tidak ada yang sesuai kualifikasi baru kemudian warga daerah lain,” jelasnya, Senin (11/08/2014).

Baca: Awas! Jumat Besok Asteroid Raksasa Menghantam Bumi

Mengenai penyerapan tenaga kerja sejauh ini dirinya menilai tinggi. “Di Pekanbaru ada sekitar 1.700 perusahaan. Dan daya serap tenaga kerja lokal sejauh ini masih tinggi,” sebutnya.

Namun dirinya tetap menghimbau agar masyarakat tempatan maupun pendatang mesti punya keterampilan. “Tetap mesti dibekali pengetahuan dan keterampilan. Agar tidak menambah angka pengangguran di Pekanbaru,” tuturnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi meningkatnya pengangguran di Pekanbaru, pihaknya setiap tahun mengadakan job ekspo yang akan menyediakan ribuan kesempatan kerja bagi pendududk Pekanbaru. (riki)

Berita Terkini

Selasa, 02 Juni 2020 23:28

New Normal, Pesonna hotel Pekanbaru Berikan Penawaran Menarik Dengan Standar Halal Dan Higienitas Tinggi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Manajemen Pesonna hotel Pekanbaru menyambut baik keputusan pemerintah pusat untuk membemberlakuan New Normal. Sejumlah pengetatan protokol kesehatan sudah mulai disusun, termasuk…

Selasa, 02 Juni 2020 18:28

Apapun Urusannya, Libatkan Agama Didalamnya

#ISLAMPEDIA

Selasa, 02 Juni 2020 18:01

Jemaah Haji Riau Gagal Berangkat, Ini Kata Gubri Syamsuar

#ISLAMPEDIA

Selasa, 02 Juni 2020 16:14

Positif Corona di Indonesia Masih Bertambah

#CORONA

Selasa, 02 Juni 2020 14:14

Gubri : Tolong Perketat Pengawasan Warga yang Masuk

#COVID-19

Selasa, 02 Juni 2020 13:27

BPS Sebut Sensus Online Diikuti 51 Juta Penduduk

#SENSUS