HCF UR Sebarkan Virus

Selasa, 03 Januari 2017 14:27 316
HCF UR Sebarkan Virus
Komunitas HFC UR (Foto: Teguh)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bukan virus yang merugikan orang lain, melainkan virus bercocok tanam hidroponik yang ingin disebarkan oleh Hydroponic Community Faperta (HCF) Universitas Riau sebarkan.

Berdiri sejak tanggal 24 Januari 2015, HCF UR bertujuan menjadi pelopor penerapan budidaya tanaman hidroponik. Sehingga nantinya diharapkan mampu menjadi pusat pelatihan pembelajaran, penelitian dan bisnis di bidang teknologi pertanian. Terutama  bidang hidroponik di Provinsi Riau umumnya dan Universitas Riau pada khususnya.

HCF UR merupakan komunitas pengembangan keilmuan dan kreatifitas mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau di bidang budidaya tanaman hidroponik. "Hingga kini, HCF UR telah memiliki anggota sebanyak 30 orang mahasiswa aktif Faperta UR," tutur Nadi Saputra selaku ketua HCF UR saat ditemui Bertuahpos.com, Selasa (3/1).

Sejarahnya, HCF UR berdiri atas inisiatif beberapa orang mahasiswa Faperta UR yang dipelopori oleh Nawaruddin, seorang mahasiswa jurusan agroteknologi. Nawaruddin mengatakan awal niatnya untuk membentuk komunitas yang fokus pada hidroponik ini ialah, karena merasa penting akan adanya sebuah wadah untuk belajar bersama dalam meningkatkan skill sebagai insan pertanian, khususnya dibidang hidroponik.

"Selain mengembangkan skill internal, HCF UR juga mejadikan pengabdian sebagai misi awal untk menularkan ilmu kepada mahasiswa lain ataupun masyarakat umum," terang Nawaruddi.

Untuk kegiatannya, selain melakukan budidaya hidroponik di green house mereka di Fakultas Pertanian Universitas Riau, HCF juga memiliki kegiatan lain. Seperti workshop hidroponik. Kegiatan berupa kunjungan dan kerjasama dengan petani hidroponik. Pelatihan hidroponik di kelembagaan mahasiswa dan panti asuhan. Gerakan sadar bertani dalam peringatan hari tani nasional, serta pengabdian kepada masyarakat di kampung hidroponik yang ditaja oleh HCF bekerjsama dengan salah satu badan zakat nasional.

"Untuk kedepannya, HCF diharapkan semakin eksis mengembangkan keilmuan. Serta tetap menjunjung tinggi nilai pengabdian dan penelitian untuk kalangan mahasiswa di bidang budidaya hidroponik. Selain itu, HCF juga diharapakan dapat menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa yang terdaftar di fakultas pertanian. Sehingga bisa mendapat perhatian lebih dari pihak fakultas untuk mengembangkan HCF agar lebih baik," tambah Nawaruddin.

Penulis: Teguh Asrin

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Pendataan Aset di Riau Kurang Baik
Senin, 20 Pebruari 2017 10:15

Pendataan Aset di Riau Kurang Baik

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengakui selama ini pencatatan aset milik Pemprov Riau belum baik. Akibat masalah ini, menjadi temuan di BPK. 

Ditanya Wakil Gubernur, Andi Rachman: Cerita yang Lain lah!
Senin, 20 Pebruari 2017 10:00

Ditanya Wakil Gubernur, Andi Rachman: Cerita yang Lain lah!

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, sedikit kebingungan untuk menjawab pertanyaan wartawan saat ditanyakan soal Wakil Gubernur Riau, yang hingga saat ini belum jelas juntrungannya.

Sesuai Prediksi Rohil Memang Rawan Titik Api
Senin, 20 Pebruari 2017 09:45

Sesuai Prediksi Rohil Memang Rawan Titik Api

Senin (20/02/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat Riau wilayah pesisir sudah alami musim kering. Hal ini dikhawatirkan memicu sejumlah hotspot atau titik panas di Riau.

Ribuan Pria Jepang Bugil, Rebutan Tongkat Keberuntungan
Senin, 20 Pebruari 2017 09:30

Ribuan Pria Jepang Bugil, Rebutan Tongkat Keberuntungan

Puluhan ribu laki-laki Jepang berbugil-ria. Mereka lakukan itu untuk berebut tongkat keberuntungan. Tongkat itu diyakini mujarab untuk mengubah nasib mereka.
 

Sedang Jalan, Rp3 Juta Lenyap Digondol Jambret
Senin, 20 Pebruari 2017 09:15

Sedang Jalan, Rp3 Juta Lenyap Digondol Jambret

Nasib apes, dirasakan Rosmiati (45) yang kesehariannya sebagai Guru di salah satu sekolah, pasalnya tas berisi barang berharga raib dijambret orang.

Siang Ini, Danrem Baru Diperkenalkan, Sekaligus Gelar Rakor Karhutla
Senin, 20 Pebruari 2017 09:00

Siang Ini, Danrem Baru Diperkenalkan, Sekaligus Gelar Rakor Karhutla

Pemprov Riau yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Tim Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), hari ini, Senin (20/02/2017), akan melangsungkan rapat koordinasi.

Hotspot di Riau Kembali Membara, Rohil Sumbang Paling Banyak
Senin, 20 Pebruari 2017 08:45

Hotspot di Riau Kembali Membara, Rohil Sumbang Paling Banyak

Senin (20/02/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat hotspot atau titik panas kembali muncul di Provinsi Riau. Hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 50% ada sebanyak tujuh titik.

Dapatkan 3x Poin Reward dan Cicilan 0% di Ace Hardware Pekanbaru
Senin, 20 Pebruari 2017 08:30

Dapatkan 3x Poin Reward dan Cicilan 0% di Ace Hardware Pekanbaru

Ace Hardware selalu punya cara untuk kembali manjakan pengunjung. Salah satunya dengan menghadirkan program dua kali point reward untuk setiap transaksi. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat nikmati promo cicilan 0% hingga 12 bulan khusus pengguna Kartu Kredit BCA, Mandiri, CIMB Niaga, HSBC, Citibank.

Hujan di Riau Tidak Merata Senin Ini
Senin, 20 Pebruari 2017 08:15

Hujan di Riau Tidak Merata Senin Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan tidak merata masih guyur Riau. Kondisi ini sudah berlangsung sejak pertengahan Februari.

Mau Gratis Karaoke, Disini Tempatnya
Senin, 20 Pebruari 2017 08:01

Mau Gratis Karaoke, Disini Tempatnya

Sedang berkunjung ke Pekanbaru dan membutuhkan tempat menginap, yang nyaman dan  menyuguhkan berbagai fasilitas lengkap di tambah dengan harganya yang murah. Semua itu tentu menjadi pilihan semua orang.