HCF UR Sebarkan Virus

Selasa, 03 Januari 2017 14:27 272
HCF UR Sebarkan Virus
Komunitas HFC UR (Foto: Teguh)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bukan virus yang merugikan orang lain, melainkan virus bercocok tanam hidroponik yang ingin disebarkan oleh Hydroponic Community Faperta (HCF) Universitas Riau sebarkan.

Berdiri sejak tanggal 24 Januari 2015, HCF UR bertujuan menjadi pelopor penerapan budidaya tanaman hidroponik. Sehingga nantinya diharapkan mampu menjadi pusat pelatihan pembelajaran, penelitian dan bisnis di bidang teknologi pertanian. Terutama  bidang hidroponik di Provinsi Riau umumnya dan Universitas Riau pada khususnya.

HCF UR merupakan komunitas pengembangan keilmuan dan kreatifitas mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau di bidang budidaya tanaman hidroponik. "Hingga kini, HCF UR telah memiliki anggota sebanyak 30 orang mahasiswa aktif Faperta UR," tutur Nadi Saputra selaku ketua HCF UR saat ditemui Bertuahpos.com, Selasa (3/1).

Sejarahnya, HCF UR berdiri atas inisiatif beberapa orang mahasiswa Faperta UR yang dipelopori oleh Nawaruddin, seorang mahasiswa jurusan agroteknologi. Nawaruddin mengatakan awal niatnya untuk membentuk komunitas yang fokus pada hidroponik ini ialah, karena merasa penting akan adanya sebuah wadah untuk belajar bersama dalam meningkatkan skill sebagai insan pertanian, khususnya dibidang hidroponik.

"Selain mengembangkan skill internal, HCF UR juga mejadikan pengabdian sebagai misi awal untk menularkan ilmu kepada mahasiswa lain ataupun masyarakat umum," terang Nawaruddi.

Untuk kegiatannya, selain melakukan budidaya hidroponik di green house mereka di Fakultas Pertanian Universitas Riau, HCF juga memiliki kegiatan lain. Seperti workshop hidroponik. Kegiatan berupa kunjungan dan kerjasama dengan petani hidroponik. Pelatihan hidroponik di kelembagaan mahasiswa dan panti asuhan. Gerakan sadar bertani dalam peringatan hari tani nasional, serta pengabdian kepada masyarakat di kampung hidroponik yang ditaja oleh HCF bekerjsama dengan salah satu badan zakat nasional.

"Untuk kedepannya, HCF diharapkan semakin eksis mengembangkan keilmuan. Serta tetap menjunjung tinggi nilai pengabdian dan penelitian untuk kalangan mahasiswa di bidang budidaya hidroponik. Selain itu, HCF juga diharapakan dapat menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa yang terdaftar di fakultas pertanian. Sehingga bisa mendapat perhatian lebih dari pihak fakultas untuk mengembangkan HCF agar lebih baik," tambah Nawaruddin.

Penulis: Teguh Asrin

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar
Senin, 23 Januari 2017 11:15

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar

Anggaran sebesar Rp 2,2 miliar untuk parfum ruangan dari APBD Riau itu dianggap wajar.

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi
Senin, 23 Januari 2017 10:25

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau, diminta lebih aktif dalam upaya memperbaiki masalah internal. Sehingga berdampak positif terhadap hasil produks

Lowongan Kerja di Tranvision
Senin, 23 Januari 2017 10:00

Lowongan Kerja di Tranvision

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan kerja seputar Pekanbaru,  kini Transvision Perusahaan dari Trans Media CT Corps di Pekanbaru yang bergerak dibidang TV berlangganan

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu
Senin, 23 Januari 2017 09:40

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tidak memenuhi undangannya untuk hadir di menara Dang Merdu, Bank Riau Kepri, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (23/01/2017).

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau
Senin, 23 Januari 2017 09:30

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau

Senin (23/01/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui pantauan satelit mendeteksi tidak ada hotspot atau titik panas di Provinsi Riau. Sebelumnya Riau selalu rawan jika mulai memasuki musim kemarau.

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan
Senin, 23 Januari 2017 09:00

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi selain pagi hari hujan masih berkemungkinan turun pada sore atau malam hari, Senin (23/01/2017). Saat ini memang Riau sedang memasuki musim peralihand ari hujan ke kemarau.

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja
Senin, 23 Januari 2017 08:30

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja

Mencari informasi lowongan kerja?  Kini salah satu perusahaan, yakni PT. AXA Financial lndonesia merupakan Perusahaan yang bergerak dibidangJasa Asuransi berskala Internasional.

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara
Senin, 23 Januari 2017 08:10

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara

Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau, menjadi masalah yang paling dipersoalkan. Faktanya, identitas Riau sebagai salah satu daerah penyumbang kabut asap, bukan hanya dikancah nasional. Tapi internasional.

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura
Minggu, 22 Januari 2017 23:12

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura

Sejarah Kota Anuradhapura memang luar biasa. Kota ini pusat agama Buddha yang kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia. Buddha di China, Korea, Amerika Serikat, Bangkok, Singapura, Malaysia dan Indonesia berasal dari kota ini.

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan
Minggu, 22 Januari 2017 21:29

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan

Keberadaan beberapa komunitas memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Ada yang mendukung aksi dari beberapa komunitas, ada yang menilai komunitas hanya sebagai ajang untuk memperbanyak teman atau hura-hura semata.