GAPKI: Replanting Sawit Sangat Diperlukan

Kamis, 30 November 2017 16:00
GAPKI: Replanting Sawit Sangat Diperlukan

BERTUAHPOS.COM (BPC)- Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono,menyambut positif sikap dan langkah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam mempertahankan keunggulan kelapa sawit Indonesia.

“Upaya peningkatan produktivitas kebun kelapa sawit, termasuk kebun masyarakat, memang sesuatu yang sudah mendesak,” katanya.

Situasi itu, menurutnya, terkait dengan tantangan dan persaingan di pasar internasional di masa depan. Indonesia harus terus-menerus memperkuat posisi dan daya saing komoditas unggulan kelapa sawit Indonesia jika tidak ingin kalah dengan negara lain, apalagi tersingkir dalam persaingan di pasar minyak nabati dunia.

Di samping pentingnya peningkatan produktivitas petani yang akan dilakukan melalui replanting maupun perbaikan budidaya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dukungan pihak perusahaan melalui kerja sama kemitraan yang luas.

“Sangat diperlukan kerja sama kemitraan yang luas antara perusahaan dan kelompok tani,” lanjut Joko. Dengan kerja sama kemitraan yang luas, menurutnya, akan semakin membantu proses percepatan peningkatan produktivitas kebun masyarakat.  

Hal itu ia sampaikan terkait dengan pernyataan Presiden Jokowi di acara Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat yang berlangsung di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, 27 November 2017. Di hadapan para petani kelapa sawit, usai membagikan sertifikat lahan kepada petani sawit, Jokowi menyatakan bahwa Industri kelapa sawit adalah emas hijau bagi masyarakat Indonesia.

Menurut presiden, negara kita adalah negara produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Tidak hanya di Asia Tenggara, Asia tapi juga di dunia. Ini berarti Indonesia mampu memproduksi bahan-bahan untuk kebutuhan hidup manusia seperti sabun, kosmetik, minyak goreng, bioenergi dan produk-produk lainnya yang bisa diolah dari kelapa sawit.

Kendati demikian, menurut Jokowi, menjadi produsen kelapa sawit terbesar juga mengharuskan bangsa Indonesia menjadi yang terdepan dalam segi pengelolaan. Baik dalam hal merawat, memelihara maupun meremajakan. Peremajaan kelapa sawit sangat diperlukan mengingat sebagian besar pohon kelapa sawit Indonesia sudah memasuki usia tua yang mengakibatkan produktivitas menurun.

“Jika tidak diremajakan kita hanya akan melihat pohon namun tanpa memetik hasilnya,” ujar Jokowi.

Itulah sebabnya Ia mendorong program peremajaan kebun kelapa sawit. Program ini pertama kali dilakukan di Musi Banyuasin, Sumsel dengan total luasan 4.100 hektar. Di Serdang Bedagai, Sumut peremajaan akan dilakukan di kebun masyarakat dengan lahan seluas 9.109 hektar. 

Untuk Riau sendiri, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Feri HC menyebutkan, bahwa bantuan untuk replanting sawit di Riau sudah ada. Bantuan replanting ini sedang dalam tahap sosialisasi.

"Memang sudah ada, saat ini sedang berlangsung acara sosialisasinya. Pedoman umumnya juga sudah keluar. Kita sedang menyiapkan persayaratan-persyaratan untuk penerima dana bantuan replanting ini," ujar Feri kepada bertuahpos.com.

Lebih lanjut, Feri mengatakan, bahwa penerima bantuan ini nantinya adalah petani kelapa sawit yang sudah memasuki masa peremajaan usia.

"(Penerimanya) petani kelapa sawit yang saat ini sudah harus diremajakan usia (kelapa sawitnya)," terang Feri.(adv/*)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK
Selasa, 20 Pebruari 2018 21:20

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK

DPRD Riau anggarkan lebih dari Rp 40 miliar pada tahun 2018 untuk UNBK. Ade Agus Hartanto, Komisi V DPRD Riau menyebutkan bahwa tahun ini adalah kali kedua Riau melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:58

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet

Orang Indonesia makin sadar internet. Itu terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Data dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:27

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan

Pada bulan Desember 2017,  tampaknya pemerintah membuat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini merupakan sebuah peningkatan Jalan di Gang Sungai Sago, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kelurahan Sukaramai.

Kopi Rambah Pasar Vietnam
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:16

Kopi Rambah Pasar Vietnam

Kopi Indonesia rambah pasar Vietnam. Ini sangat mungkin terwujud lantaran Vietnam salah satu negara dengan tingkat konsumsi tinggi. Duta Besar RI Vietnam Ibnu Hadi menmgatakan promosi kopi ditarget perdagangan bilateral USD10 miliar pada tahun 2020.

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:40

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis

Baliho program kerja petahana tampak masih terpampang di tengah kota Bengkalis, Selasa (20/2/2018). Dalam pantauan bertuahpos.com, baliho yang terpajang adalah program kerja 

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:35

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru ke-51 rencananya akan digelar di SMP Madani atau Islamic Center Tabrani. Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, mentakan

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:30

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam

Perintah Bawaslu untuk menurunkan semua baliho yang menampilkan Calon Gubernur (Cagub) Riau tahun 2018 seperti tidak diindahkan. Pasalnya, sampai saat ini spanduk-spanduk tersebut masih terpajang di berbagai titik di Kota Pekanbaru.

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:15

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi

Pemerintah tengah evaluasi belanja proyek trategis nasional. Termasuk mengukur efektifitas belanja dari setiap proyek itu. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan 

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:00

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov

Dua bupati di Riau, yakni Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti) dan HM Wardan (Bupati Inhil non aktif) disebut sebagai bagian penerima aliran dana dalam kasus korupsi e-KTP yang kini menjerat Setya Novanto sebagai terdakwa.

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti
Selasa, 20 Pebruari 2018 18:45

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti

Polisi tengah mengumpulkan alat bukti atas kasus penelantaran anak yang diduga dilakukan oleh mantan Ketua Kadin Pekanbaru berinisia S. Proses mengumpulkan alat bukti itu kini masih dilakukan oleh Direktorat Reserse