4 Tips Mengikuti Lebaran di Kota Lain

Jumat, 02 Agustus 2013 07:39
BERTUAHPOS, JAKARTA – Beberapa traveler mungkin pernah berlebaran di kota yang bukan kampung halaman atau memang diajak berlebaran di tempat yang asing di dalam dan luar negeri. Agar tidak canggung, perhatikan 4 tips berikut ini :
 
1. Cari tahu adat setempat
 
Sebelum mengikuti Lebaran di kota lain, ada baiknya traveler mencari tahu seperti apa adat setempat saat Lebaran. Jangan sampai Anda sala bertingkah laku dan membuat mereka merasa terganggu.
 
Mulailah mencatat seperti apa adat yang biasa penduduk setempat lakukan, baik saat malam takbiran ataupun pada hari H Lebaran. Juga jangan lupa mematuhi adat setempat ya, traveler!
 
2. Pakai pakaian yang rapi
 
Lebaran adalah perayaan keagamaan. Traveler yang ingin mengikuti lebaran di suatu kota, berpakaianlah dengan rapi dan sopan. Memakai pakaian minim dan terbuka bisa membuat Anda mendapatkan tatapan tidak enak dari penduduk lokal.
 
Mulailah menyiapkan pakaian liburan yang sopan seperti celana panjang, dan atasan lengan panjang. Bahkan Anda juga bisa bawa selendang untuk menutup kepala sebagai kerudung ketika akan bersilaturahmi dengan penduduk lokal. 
 
3. Membaur dengan warga lokal
 
Saat jadwal traveling Anda bertepatan dengan Lebaran, tundalah kegiatan mengeksplor objek wisata selama satu hari. Hal ini karena tempat wisata akan penuh oleh pengunjung. Traveler bisa mencoba berkeliling kampung dan pemukiman di sekitar tempat menginap.
 
Anda juga bisa bertanya kepada pihak penginapan dimana Anda bisa bertemu dengan orang lokal. Lalu berbaurlah dengan mereka dalam suasana Lebaran. Anda pun akan mendapat pengalaman yang lebih saat liburan. 
 
4. Harus mudah beradaptasi
 
Lebaran identik dengan ramah tamah dan bersilaturahmi. Ingat, Anda adalah tamu di kota destinasi Anda. Oleh karena itu, traveler harus mudah beradaptasi dengan kondisi setempat.
 
Cara beradaptasi ini bisa Anda mulai dengan berkunjung ke sekitar pemukiman dan melihat kegiatan yang ada di sana. Traveler juga bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut. Biasanya di daerah setempat memiliki beberapa tradisi Lebaran yang bisa traveler ikuti.
 
(detik.com)