Ini Daerah-daerah yang Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin Akhir Pekan Nanti

Kamis, 18 Juni 2020 18:11
Ini Daerah-daerah yang Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin Akhir Pekan Nanti

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini, Minggu, 21 Juni 2020. Gerhana Matahari Cincin hanya akan terjadi dalam sepanjang tahun ini.

Mengutip timeandate.com, Gerhana Matahari Cincin dapat disaksikan di negara seperti Afrika, Pakistan, India, dan China. Sedangkan di wilayah Eropa Selatan dan Timur, serta di wilayah Australia Utara Gerhana Matahari Cincin juga dapat terlihat namun hanya sedikit.

Menurut para astronom, fenomena ini dapat disaksikan pada akhir pekan ini, Minggu, 21 Juni 2020. Setelah ini, tak lagi muncul Gerhana Matahari Cincin untuk sepanjang tahun 2020.

Gerhana matahari jenis ini terjadi ketika bulan baru mendekati titik terjauh dari bumi (disebut apogee), membentuk garis lurus dengan bumi dan matahari.

Baca: Dapatkan I Phone 6 dengan Bunga Cicilan Nol Persen di Story i

Fenomena ini memang hanya terjadi sekali dalam setahun. Ketika bulan berada pada puncaknya — akan menutupi matahari — saat itulah Gerhana Matahari Cincin terjadi, sebagaimana dikutip dari laman House Beautiful.

Gerhana Matahari Cincin merupakan lingkaran cahaya yang terlihat dari tepi luar matahari yang ditutupi oleh bulan. Sinarnya akan tampak melingkari bulan seperti lingkaran bulat sempurna, persis seperti cincin.

Cahaya itu menyuguhkan pemandangan efek api yang menakjubkan. Menurut laman Forbes, bulan baru akhir pekan ini akan memblokir maksimum 99,4% matahari, hampir membentuk gerhana matahari total.

Perlu diingat Gerhana Matahari Cincin bisa membakar retina mata, jadi jika seseorang ingin menyaksikan secara langsung, pastikan untuk mengenakan pelindung mata yang tepat. (bpc3)