Malang Dihebohkan dengan Fenomena Matahari Cincin Pelangi, Ini Penjelasan Ahli

Minggu, 27 September 2020 13:38
Malang Dihebohkan dengan Fenomena Matahari Cincin Pelangi, Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi

BERTUAHPOS.COM Fenomena matahari cincin pelangi, disebut juga dengan Halo. Hari ini, Minggu, 27 September 2020, fenomena itu telah membuat warga di Malang heboh dan takjub. Ini salah satu fenomena langka dan sangat jarang terjadi.

Penampakan matahari bercincin di Malang Raya itu juga dapat disaksikan dari wilayah Kabupaten Pasuruan pada saat yang bersamaan.

Advertisement

Fenomena Halo merupakan fenomena matahari yang dikelilingi pelangi sehingga membentuk seperti cincin, hal itu disebabkan oleh pembiasan sinar matahari oleh awan tinggi.

Menurut Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin yang pernah dimuat pada Tempo, fenomena halo disebabkan oleh kristal es di awan Cirrus yang membiaskan cahaya matahari seperti prisma. 

Baca: Katanya Gerhana Matahari terjadi Ratusan Tahun Sekali, Ini Penjelasan BMKG Stasiun Pekanbaru

Cahaya yang terurai membentuk lingkaran berwarna sehingga terlihat seperti pelangi yang melingkari matahari. Cukup tingginya awan cirrus ini sehingga membentuk partikel yang sangat dingin dan biasanya berwujud kristal es. 

Awan cirrus yang sangat dingin inilah yang membiaskan cahaya matahari sehingga membentuk seperti cincin yang melingkari matahari.

BMKG dalam situs resminya juga pernah menuliskan tentang Halo pada pada September 2018 lalu. Mereka menjelaskan hal ini merupakan fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dikarenakan ada pembiasan sinar matahari oleh awan lapisan tinggi. 

Awan yang membiaskan sinar matahari itu biasa disebut awan tipis cirrus yang berada pada ketinggian sekitar 6.000 meter dari permukaan bumi. (bpc2)

Berita Terkini

Senin, 26 Oktober 2020 05:32

TC Timnas U-19 Berakhir, Tae-yong Ingin Liga 1 dan 2 Dilanjutkan

TC Timnas U-19 Berakhir, Tae-yong Ingin Liga 1 dan 2 Dilanjutkan BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong menginginkan Liga 1 dan Liga 2…

Senin, 26 Oktober 2020 05:31

Penyebab Kebakaran Gedung Kejagung, Polri: Tukang Merokok di Tempat Kerja

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Ferdy Sambo mengatakan kebakaran di gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) adalah karena ada tukang yang merokok….

Minggu, 25 Oktober 2020 17:08

Kalah di El Clasico, Ronald Koeman Serang Wasit

#ELCLASICO

Minggu, 25 Oktober 2020 15:01

Sejarah Tanah Jantan, Kepulauan Meranti

#MERANTI

Minggu, 25 Oktober 2020 13:29

Prabowo Jumpai Menhan Turki Bahas 4 Topik Penting

#prabowo

Minggu, 25 Oktober 2020 10:01

Kaum Muslimin, Janganlah Terpedaya Harta Kekayaan

#ISLAMPEDIA

Minggu, 25 Oktober 2020 09:31

Silahkan, Nikmati Surga Telaga di Gunung Talamau Sumbar

#gunungtalamau #sumbar

Minggu, 25 Oktober 2020 09:04

Wijatmoko Kembali Pimpin Apindo Riau 5 Tahun Kedepan

#apindoriau #ketuaapindoriau