Di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin Bakal Dilintasi Ratusan Daerah, Ini Daftarnya

Jumat, 19 Juni 2020 15:21
Di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin Bakal Dilintasi Ratusan Daerah, Ini Daftarnya

BERTUAHPOS.COM — Gerhana Matahari Cincin diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini. Tepatnya pada Minggu, 21 Juni 2020.

Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 dapat diamati di Indonesia berupa Gerhana Matahari Sebagian, kecuali di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.

Dijelaskan BMKG, di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin akan melintasi setidaknya 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi dalam wujud Gerhana Matahari Sebagian.

Baca: Pengapalan Q3 2019, Samsung Disalip Oppo dan Vivo

Seperti di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan di Melonguane, Sulawesi Utara. Sedangkan di 83 pusat kota lainnya, yaitu 2 kota di Bengkulu, 7 kota di Lampung, 10 kota Jawa Tengah, dan 7 kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (terkecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

Selanjutnya ada 7 kota di Papua, tidak dapat mengamati puncak gerhana mengingat saat fase ini terjadi, Mataharinya sudah terbenam.

Sementara itu pengamatan yang berada di 50 kota yang tersebar di Papua, Papua Barat, dan sebagian besar Maluku tidak dapat menyaksikan fase dimana bulan terakhir kali menutupi matahari.

Adapun wilayah yang terlewati jalur Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020, yakni Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik.

Kemudian Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia, Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian. (bpc3)