Rencana RoRo Dumai-Malaka Tak Terpengaruh COVID-19

Sabtu, 04 Juli 2020 17:24
Rencana RoRo Dumai-Malaka Tak Terpengaruh COVID-19
Kunjungan Gubernur Riau dan Anggota DPR RI beserta Forkompida Riau ke Pelabuhan Sri Junjungan Dumai, Riau. (Foto: Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, DUMAI — Rencana peningkatan kapasitas pelabuhan Dumai untuk menampung kapasitas yang lebih besar tetap akan dilakukan. Dengan kata lain rencana ini tidak terpengaruh dampak COVID-19.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Riau Raja Saspi, rencana peningkatan kapasitas di Pelabuhan Dumai ini dalam rangka mendukung terlaksananya Roll On Roll Of (RoRo) Dumai-Malaka (Malaysia).

Advertisement

“Sejauh ini belum ada perubahan rencana. Namun hanya ada pengunduran waktu dari sebelumnya di kwartal III sekarang bergeser di akhir tahun,” katanya.

Gubernur Riau Syamsuar, bersama dengan Forkompida melakukan kunjungan ke Pelabuhan Penyeberangan Sri Junjungan Dumai, Sabtu, 04 Juli 2020. Pelabuhan inilah nantinya yang akan dipakai untuk mengangkut kendaraan atau orang yang nantinya akan menyeberang dari Dumai – Malaka atau dari Malaka – Dumai.

Baca: Wagubri : Masyarakat Riau Belum Bebas

Kata Syamsuar, dalam pertemuan antar negara sebelumnya, bahwa rencana membangun penyeberangan ini sudah di sepakati, dimana masing-masing wilayah sudah mendapatkan tugas. Diantara tugas Pemprov Riau dibebankan untuk memperbaiki kapasitas muatan lebih besar di pelabuhan tersebut.

Menurut Kepala Dinas PUPR Riau M Taufiq OH, peningkatan kapasitas pelabuhan tidak hanya diperlukan untuk kebutuhan penyeberangan tapi juga diperlukan untuk kebutuhan lokal dalam rangka mendukung meningkatnya mobilitas pascaoperasional Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

“Apapun yang terjadi, peningkatkan kapasitas tampung pelabuhan ini akan tetap dibutuhkan untuk melayani domestik,” kata Taufiq. (bpc2)