Apa Kabar Rencana Riau Mau Pinjam Duit untuk Bangun Infrastruktur?

Kamis, 25 Februari 2021 15:45
Apa Kabar Rencana Riau Mau Pinjam Duit untuk Bangun Infrastruktur?
Gubernur Riau Syamsuar. (dok. Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau pernah mewacanakan pinjam duit untuk menunjang pembangunan infrastruktur daerah, mengingat APBD Riau tidak akan cukup untuk mengatasi persoalan ini.

Wacana dilontarkan Syamsuar awal-awal dirinya menjabat sebagai Gubernur Riau, yang kemudian mendapat ragam respon dari banyak pihak. Dua tahun setelah Syamsuar memimpin Bumi Lancang Kuning, persoalan infrastruktur terutama jalan, masih menjadi sorotan masyarakat, terutama di daerah. 

Advertisement

Lantas, bagaimana kelanjutan rencana Riau mau pinjam duit untuk memperbaiki infrastruktur? “Kami sudah singgung itu (dalam Rakor 24 Februari 2021). Tapi sampai sekarang belum ditanggapi,” ujarnya singkat.

Maksud Syamsuar, Pemprov Riau sudah mengajukan usulan peminjaman dana untuk menunjang pembangunan infrastruktur di daerah. Namun hingga kini, usulan itu belum mendapat tanggapan apapun dari pemerintah pusat.

Baca: Setahun Penanganan Karhutla di Riau, Lebih Baikkah? Ini Kata Kepala BPBD Riau

BACA JUGA:  Golkar Riau Targetkan Kemenangan 60 Persen di Pilkada 2020

Syamsuar mengatakan, Pemprov Riau sejauh ini masih tetap akan menunggu respon pusat terkait rencana peminjaman dana tersebut. “Mereka juga ada peraturan baru. Ya, kita tunggu itu lah,” kata Syamsuar.

Dia mengungkapkan, Pemprov Riau belum mengetahui secara utuh, bagaimana bentuk persetujuan yang akan dikeluarkan pemerintah pusat ihwal rencana peminjaman dana tersebut. “Apakah seluruhnya? Apakah sebagian? belum ada,” terang Syamsuar.

Meski demikian, dia menegaskan, bahwa opsi ini — peminjaman dana untuk pembangunan infrastruktur di daerah — masih memungkinkan untuk dilanjutkan. 

“Kami sudah jumpa dengan Bappenas. Mereka menyampaikan juga ada pengalaman beberapa provinsi. Bahkan ada pola-pola yang disarankan,” sebutnya.

Salah satu metode yang disampaikan oleh Bappenas, kata Syamsuar, yakni dengan skema investasi beberapa aset pemerintah untuk mendapatkan tambahan dana, seperti yang dilakukan oleh Provinsi Sumatera Selatan.

“Bappenas meminta Riau belajar dengan Sumatera Selatan (terkait hal ini). Mana tahu, kita juga bisa buat yang seperti ini,” kata Syamsuar. (bpc2)

Berita Terkini

Senin, 19 April 2021 21:31

Akan Punya Bursa Mata Uang Kripto, Ini Kata Bappebti

Mata Uang Kripto

Senin, 19 April 2021 20:30

Demokrat Tolak Jatah Menteri Jika Jokowi Jadi Reshuffle Kabinet

Sikap Demokrat Tetap Dioposisi

Senin, 19 April 2021 19:51

Sinyal dari Ustaz Yusuf Mansur, Witjaksono Akan Jadi Menteri Investasi

Klaim Calon Menteri Investasi

Senin, 19 April 2021 19:30

Bengkalis Disunting Ratusan Miliar Dana dari BRGM

BRGM, Bengkalis

Senin, 19 April 2021 18:23

Sidang Korupsi, Yan Prana Sebut Pemotongan SPPD Usulan Dona Fitria

Sidang Yan Prana Jaya

Senin, 19 April 2021 17:33

Sidang Korupsi Yan Prana, Lima Saksi Ngaku Keberatan SPPD Dipotong 10%

Sidang Korupsi Yan Prana Jaya

Senin, 19 April 2021 17:02

Pelatih Tottenham Jose Mourinho Dipecat

Tottenham menyisakan 6 laga di Liga Inggris