Catatan Sejarah 27 Juni: de Houtman Mendarat di Banten, Awal Mula Penjajahan Indonesia

Sabtu, 27 Juni 2020 05:47
Catatan Sejarah 27 Juni: de Houtman Mendarat di Banten, Awal Mula Penjajahan Indonesia

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Setelah menempuh pelayaran selama berbulan-bulan, pada 27 Juni 1596 Cornelis de Houtman dan armada yang terdiri dari kapal Amsterdam, Duyfken, Hollandia, dan Mauritius akhirnya tiba di perairan Banten.

Bukanlah perjalanan mudah untuk menemukan Banten. Diatas kapal, banyak awak kapal yang terbunuh karena pertengkaran kapten dan pedagang. Banyak juga yang terserang penyakit sariawan akibat kurangnya makanan diatas kapal.

Tujuan de Houtman dan armada Belanda ini hanya satu, yaitu mencari pusat rempah-rempah yang merupakan komoditas paling dicari saat itu. Banten yang ditemukan de Houtman hanyalah sebagian kecil dari pusat rempah-rempah, namun keberhasilannya telah membuka jalan Belanda untuk menguasai dan menjajah Indonesia.

Setelah kedatangan de Houtman, maka semakin banyak berdatangan orang Belanda ke Nusantara. Karena semakin banyak pedagangnya berdatangan, dan semakin beratnya persaingan dengan negara Eropa lainnya, Belanda kemudian membentuk VOC, sebuah persekutuan dagang.

Baca: Profesor Maritim UI: Cina Lebih Pandai Memanfaatkan Sejarah untuk Justifikasi Wilayah

Lahirnya VOC kemudian semakin mempermudah Belanda menguasai Indonesia. Tak terhitung jumlah perang antara VOC dan kerajaan Nusantara, hingga akhirnya pemerintah Belanda mengambil alih VOC dan menjadikan Indonesia negara jajahannya. (bpc2)