Makanan yang Baik dikonsumsi bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Selasa, 15 September 2020 12:39
Makanan yang Baik dikonsumsi bagi Penderita Kolesterol Tinggi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kolestrol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Karena kolestrol ini berbentuk lemak, jadi di dalam darah harus berikatan dengan dengan protein yang disebut lipoprotein.

Lipoprotein ini ada dua jenis, yaitu Low Density Lipoprotein (HDL)  atau yang disebut kolestrol baik dan High Desinty Lipoprotein (LDL) atau yang disebut kolestrol jahat.

Advertisement

Nah, meskipun penting bagi tubuh, kolestrol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti penyumbatan pembuluh arteri jantung, serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Lalu apa saja kah makanan yang harus dikurangi dan apa saja makanan yang dianjurkan bagi penderita kolestrol tinggi?

Baca: Anjuran Ini Selalu Diabaikan, Padahal Efektif Tangkal Dehidrasi Saat Berpuasa

Dikutip dari kanal Youtube SB30 Health, dr. Sungadi Santoso menjelaskan mengenai makanan yang harus dikurangi dan makanan yang harus dikonsumsi bagi penderita kolestrol tinggi.

Bagi anda yang memiliki kolestrol tinggi, hindari atau kurangi mengkonsumsi daging merah, Karena komposisi rasio protein dan lemak jenuhnya lebih tinggi dibandingkan daging ikan.

Daging merah yang dimaksud seperti daging sapi, daging kambing. Selain daging merah, harus diperhatikan juga cara penyajiannya, seperti digoreng, dibakar, dikukus, dan direbus.

Direbus jauh lebih baik dibandingkan dibakar dan digoreng karena penggunaan mentega dan minyak akan menambah lemak pada daging tersebut.

Lalu, makanan apa yang baik dikonsumsi bagi penderita  kolestrol tinggi?

Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau. Contohnya brokoli, sawi, bayam, dan lain sebagainya yang tinggi akan serat.

Konsumsi buah-buahan yang  mengandung antioksidan. Antioksidan bisa mencegah oksidasi dari lemak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan plak atau ateroklerosis

Selain mengatur pola makan anda juga harus rajin berolahraga.

Nah, itulah penjelasan singkat dari dr.Sungadi Santoso mengenai kolestrol tinggi. mulai dari sekarang aturlah pola makan dan rajinlah berolahraga agar terhindar dari yang namanya kolestrol tinggi. (mg5)